Penulis Utama : Diana Yessi Pungkasi Siahaan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis kinerja keuangan PS Panti Waluyo periode 2001-2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301024-2004
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Laporan keuangan merupakan alat yang utama untuk mengetahui perkembangan dan posisi keuangan suatu rumah sakit, oleh karena itu penulis mencoba untuk menganalisa hubungan dari berbagai pos dalam laporan keuangan RS Panti Waluyo untuk menggambarkan kondisi keuangan dari hasil operasi rumah sakit.Dalam melakukan analisis laporan keuangan rumah sakit Panti Waluyo penulis menggunakan metode analisis rasio. Rasio likuiditas dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Selama tahun 2001-2003 RS berada pada tingkat aman (margin of safety). Peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun current ratio, quick ratio, dan cash ratio menunjukkan RS Panti Waluyo dalam keadaan likuid, artinya RS Panti Waluyo dapat memenuhi hutang lancar melalui aktiva lancar yang dimilikinya.

Rasio solvabilitas dari tahun ke tahun mengalami penurunan hal ini menunjukkan bahwa RS Panti Waluyo dalam keadaan solvabel, artinya apabila dibubarkan maka RS Panti Waluyo mempunyai aktiva atau kekayaan yang cukup untuk membayar semua hutang-hutangnya. Rasio solvabilitas RS Panti Waluyo berada dibawah rata-rata yang berarti semakin kecil resiko keuangan yang ditanggung atas kegagalan RS yang mungkin terjadi. Rasio profitabilitas dari tahun ke tahun mengalami penurunan yang cenderung menurun, salah satu penyebabnya adalah penurunan tingkat hunian kamar dan penurunan pasien dari tahun ke tahun.

Untuk memperbaiki dan mempertahankan kinerja perusahaan penulis memberikan saran yaitu agar RS Panti Waluyo tetap mempertahankan likuiditas dan solvabilitas dan meningkatkan profitabilitas dengan menekan beban operasional, pengalokasian beban yang tepat, lebih mengefisienkan pengguaan keseluruhan aktiva untuk memaksimalkan laba.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis