Penulis Utama : Ika Sri Sugiyarti Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis korelasi elemen-elemen brand equity (ekuitas merek) sebagai dasar penetapan strategi pemasaran produk makanan (studi kasus pada Industri Makanan Cepat Saji di Kota Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 97 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1204254
Subyek : PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasi antara elemen-elemen dalam brand equity dari produk barang khususnya pada industri makanan cepat saji di Kota Solo dan jika ada elemen Brand Equity manakah yang memiliki korelasi yang positif ? Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut Ho adalah tidak terdapat hubungan korelasi antara elemen-elemen brand equity (brand loyalty, brand awareness, brand asscociation, perceived quality) yang diteliti. Sedangkan Ha nya adalah terdapat hubungan korelasi antara elemen-elemen brand equity (brand loyalty, brand awareness, brand asscociation, perceived quality) yang diteliti.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesisis penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode induktif dimana peneliti melakukan analisis hubungan antar variabel dengan melalui pengujian hipotesis. Jenis penelitiannya termasuk jenis penelitian korelasi dengan tujuan menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, seberapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang bertempat tinggal di Kota Solo. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 300 orang masyarakat atau responden yang berdomisili atau bertempat tinggal di Kota Solo. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convinience sampling dan teknik ini termasuk jenis pengambilan sampel non probabilitas (non probabillity sampling).

Penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa merek yang memiliki keterkaitan terbesar dengan setiap elemen-elemen brand equity adalah merek Mac Donald dengan persentase tertinggi untuk brand loyalty serta terdapat hubungan korelasi antara elemen-elemen brand equity (ekuitas merek) yaitu brand loyalty, brand awareness, brand asscociation, perceived quality dari makanan cepat saji di Kota Solo dan korelasi yang positif dan cukup tinggi terdapat pada variabel permaint dengan topofmind dan korelasi positif yang terbentuk selanjutnya adalah korelasi antara variabel perbrima dengan loyalty.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran untuk merek-merek makanan cepat saji lain selain Mc Donald terutama di Kota Solo agar tetap meningkatkan kualitasnya karena tampak dari hasil penelitian bahwa merek yang telah dikenal belum tentu mendapatkan loyalitas dari konsumennya, yang kedua perusahaan makanan cepat saji agar tetap menjaga korelasi antar elemen tersebut dengan baik karena semakin banyak pelaku industri makanan cepat saji semakin ketat pula persaingannya.

Korelasi yang positif harus tetap dijaga karena itu merupakan salah satu aset untuk menetapkan strategi bersaing dan untuk korelasi yang masih bersifat negatif perlu dicarikan penyeimbang agar korelasi yang berkebalikan tersebut tidak terlalu jauh jaraknya. Disarankan pula kepada perusahaan makanan cepat saji untuk mencari tahu dan memecahkan masalah mengapa justru satisfied buyer dan bukan commited buyer yang berada pada posisi teratas untuk piramida brand loyalty sehingga diharapkan dapat menemukan strategi yang jitu sebagai dasar penetapan strategi pemasaran khususnya untuk perusahaan makanan cepat saji di Kota Solo.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Reza Rahardian, SE, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis