Penulis Utama : Retno Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Upaya peningkatan pendapatan asli daerah melalui kontribusi retribusi parkir dalam penetapan otonomi daerah di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3401057-2004
Subyek : RETRIBUSI DAERAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Upaya peningkatan retribusi parkir di Kabupaten Karanganyar ditujukan untuk lebih meningkatkan penerimaannya agar tidak kalah dengan retribusi yang lain. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa retribusi parkir merupakan salah satu sumber pendapatan yang memerlukan perhatian yang cukup serius dari Pemerintah Daerah karena apabila dilihat dari realita yang ada bahwa Kabupaten Karanganyar memiliki posisi yang cukup strategis tapi kenyataannya pendapatan daerah dari retribusi parkir yang diperoleh tak seimbang dengan realita yang ada.

Dalam penerimaan kontribusi retribusi parkir besarnya kontribusi yang diberikan dalam menunjang PAD yaitu untuk Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum rata-rata kontribusinya sebesar 0,27 % pertahun dengan menduduki peringkat keenambelas dari 32 jenis Retribusi Daerah, sedangkan untuk Retribusi Tempat Khusus Parkir rata-rata kontribusi sebesar 0,15 % pertahun dan menduduki peringkat kedelapan belas. Hasil yang diperoleh tersebut masih tergolong kecil karena besarnya persentase masih dibawah 1 %.

Peningkatan dan penurunan realisasi, kecilnya kontribusi yang diberikan terhadap PAD, serta tidak terpenuhinya target yang telah ditetapkan menggambarkan bahwa upaya peningkatan yang selama ini telah diusahakan oleh Dipenda dalam hal ini P2O belum optimal dan masih banyak kelemahan dalam pelaksanaannya sehingga perlu dibenahi lagi agar diperoleh hasil yang lebih baik. Upaya-upaya peningkatan tersebut ditujukan untuk wajib retribusi, fiskus (aparat) atau terhadap peraturannya. Dalam sebuah upaya dalam meningkatkan penerimaan terutama retribusi parkir tersebut pihak Dipenda menemui suatu kendala-kendala. Kendala-kendala tersebut berasal dari pihak intern yaitu berasal dari dalam tubuh Dipenda itu sendiri yaitu dari para aparatnya, serta dari pihak ekstern berasal dari wajib retribusi, masyarakat di daerah Kabupaten Karanganyar dan kondisi daerahnya.

 

Kata Kunci: Otonomi Daerah, Desentralisasi, PAD, Retribusi, Kontribusi. 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Hanung Triatmoko, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis