Penulis Utama : Sugi Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Evaluasi ketepatan penentuan harga pokok produksi dengan metode job order costing pada PT. Suyuti Sido Maju
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xiii, 48 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3303185
Subyek : HARGA POKOK PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

 

PT. SUYUTI SIDO MAJU adalah salah satu perusahaan pengecoran logam yang berada di daerah Ceper, Klaten. Proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan pada pesanan yang diterima dari pembeli, sehingga perusahaan harus dapat menentukan harga pokok produksi secara tepat ketika perusahaan menerima pesanan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penghitungan harga pokok produksi yang dilakukan perusahaan atas pesanan yang diterima. Untuk contoh penghitungan, penulis menggunakan pesanan balancing weight dan cassing liner. Evaluasi yang dilakukan dengan membandingkan cara perhitungan harga pokok produksi yang diterapkan perusahaan dengan cara penghitungan harga pokok produksi menurut teori akuntansi biaya.

Hasil analisis dan penelitian yang telah dilakukan, membuktikan bahwa cara perhitungan biaya bahan baku dan perhitungan biaya tenaga kerja langsung yang diterapkan perusahaan telah tepat karena sesuai dengan cara perhitungan di dalam teori akuntansi biaya. Untuk perhitungan biaya overhead pabrik, cara yang dilakukan perusahaan belum tepat karena perusahaan hanya membebankan unsur-unsur biaya overhead pabrik yang berupa bahan penolong. Penulis membebankan biaya overhead pabrik berdasarkan tarif biaya overhead pabrik yang ditentukan dimuka dengan dasar pembebanan biaya bahan baku. Harga pokok produksi untuk semua jenis pesanan yang diteliti menurut penulis berada di atas harga pokok produksi perusahaan, sehingga menyebabkan harga jual yang ditetapkan perusahaan tidak mampu mencapai tingkat keuntungan yang telah ditetapkan perusahaan.

Berdasarkan hasil penelitian mendasari penulis dalam mengajukan rekomendasi bagi perusahaan dalam penghitungan harga pokok produksi pada periode berikutnya. Sebaiknya perusahaan tidak membebankan biaya overhead pabrik hanya berdasarkan bahan penolong, tetapi membebankan semua unsur biaya overhead pabrik baik bahan penolong, biaya tenaga kerja tidak langsung, maupun biaya produksi lainnya dengan tarif yang ditentukan di muka atas dasar pembebanan biaya bahan baku. Dasar pembebanan biaya bahan baku direkomendasikan karena unsur biaya overhead pabrik yang paling dominan adalah bahan penolong dan perubahan bahan penolong disebabkan perubahan pemakaian bahan baku. Rekomendasi yang kedua yaitu sebaiknya masing-masing pesanan dibuat kartu harga pokok pesanan untuk mempermudah mengetahui informasi biaya produksi atas pesanan tertentu.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Putri Nugrahaningsih, S.E
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis