Penulis Utama : Harfita Sulistyarini Sejati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan pada perusahaan perkebunan [studi kasus pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) pabrik gula Mojo Sragen]
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301054-2004
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan, kinerja perusahaan, kondisi kas Pabrik Gula Mojo dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2003. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan atau peningkatan kinerja perusahaan.

Obyek penelitian ini adalah PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Pabrik Gula Mojo Sragen yang bergerak dalam bidang pengolahan tebu menjadi gula pasir. Sumber data yang diperoleh yang diperoleh berupa laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas periode tahun 2001 sampai dengan tahun 2003. Data tersebut diperoleh dengan melakukan penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan, yang meliputi wawancara dan dokumentasi perusahaan, yang berkaitan dengan analisis rasio keuangan.

Berdasarkan data yang ada, dilakukan analisis likuiditas (Current Ratio, Quick Ratio, dan Cash Ratio), analisis solvabilitas(Total Debt to Equity Ratio dan Total Debt to Total Capital Assets Ratio), analisis rentabilitas (Return o n Equity, Return o n Investment, Net Profit Margin, Profit Margin, dan Gross Profit Margin) serta analisis laporan arus kas (Cash Flow from Operating Activities to Current Liabilities dan Cash Flow from Operating Activities to Total Liabilities Ratio).

Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa Pabrik Gula Mojo dapat dikatakan likuid jika dilihat dari aktiva lancar yang dimilikinya. Tetapi jika dilihat dari kas dan aktiva perusahaan selain persediaan, Pabrik Gula Mojo dikatakan dalam keadaan illikuid. Ditinjau dari ekuitasnya, perusahaan dikatakan dalam keadaan insolvabel, sedangkan jika dilihat dari aktiva yang dimilikinya, perusahaan dikatakan dalam keadaan solvabel. Ditinjau dari bagaimana perusahaan memanajemen aktiva, ekuitas dan penjualan dalam menghasilkan laba sesudah pajak, perusahaan dikatakan memiliki rentabilitas yang baik, sedangkan dilihat dari bagaimana perusahaan memanajemen penjualan untuk menghasilkan laba kotor dan laba usaha, perusahaan dikatakan memiliki rentabilitas yang kurang baik. Arus kas operasi perusahaan mempunyai kemampuan yang kurang baik dalam menjamin kewajiban perusahaan.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut, maka sebaiknya perusahaan mengurangi persediaan yang ada, meningkatkan ekuitas yang dimiliki dan mengurangi utang, menaikkan pendapatan dari penjualan, menurunkan biaya usaha, menurunkan Harga Pokok Penjualan serta lebih mengefisienkan dan mengefektifkan akivitas operasinya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis