Penulis Utama : Noni Widiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.3201072
Tahun : 2004
Judul : Efektivitas iklan sebagai sarana promosi dalam meningkatkan penjualan pada PT. Telkom Kandatel Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi-F.3201072-2004
Subyek : PROMOSI-IKLAN
Jenis Dokumen :
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pada era globalisasi dan pasar bebas sekarang ini komunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, sehingga komunikasi memungkinkan seseorang berkomunikasi begitu dekat bagaikan sebuah keluarga. Untuk itu PT. Telkom Kandatel Solo telah menyiapkan suatu strategi pemasaran yang dirancang untuk meningkatkan penjualannya. Strategi pemasaran yang digunakan adalah melalui periklanan. Periklanan dianggap cara yang paling efektif untuk mengenalkan produk, membujuk konsumen dan mempertahankan produk agar tetap dipilih oleh konsumen.

Perumusan masalah dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui apakah iklan yang digunakan oleh PT. Telkom Kandatel Solo sudah efektif atau belum. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya, perusahaan dan juga masyarakat atau pambaca pada umumya. Untuk dapat mencapai tujuan penulisan Tugas Akhir ini, penulis melakukan pengumpulan data primer dengan wawancara langsung pada pegawai atau karyawan-karyawan PT. Telkom dan data sekunder dengan mencatat dokumen-dokumen yang ada diperusahan, antara lain biaya periklanan dan volume penjualan.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa periklanan yang dilakukan dengan Media Lini Atas, Media Lini Bawah dan juga melakukan periklanan dengan cara menjadi sponsor pada acara-acara tertentu. Kebijakan yang dilakukan perusahan ini sangat berpengaruh pada volume penjualan yang sellu mengalami kenaikan yaitu pada tahun 2001 = 30.122.000, 2002 = 36.488.000, 2003 = 40.458.000. dan dari hasil penghitungan efisiensi biaya periklanan yang didapatkan dengan cara membandingkan biaya periklanan dengan volume penjualan maka didapatkan hasil untuk tahun 2001 = 68,11%, 2002 = 65,67%, 2003 = 64,175 hal ini menunjukan tingkat efisiensi yang baik karena mengalami penurunan dari tahun ketahun.

Dan penulis menyarankan agar dalam perencanaan dan penyusunan periklanan untuk tahun yang akan datang dengan penambahan jadwal tayang pada berbagai media pers. Dan selain nitu PT. Telkom Kandatel Solo harus dapat mempertahankan kerja sama dengan para biro iklan yang telah membantu pelaksanan kegiatan periklanan seperti yang telah tercapai saat ini.

File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Mahdi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis