Penulis Utama : Ike Herawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Strategi pemasaran produk pada PT. Suara Merdeka Wilayah Kodya Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Program DIII Manajemen Pemasaran NIM.F3304031
Subyek : PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Setiap perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang efektif dalam memasarkan produknya. Konsep yang terkait dengan strategi pemasaran adalah target pasar, keinginan konsumen dan bauran pemasaran. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis mengkhususkan pembahasannya pada strategi pemasaran yang dilakukan PT. Suara Merdeka Wilayah Kodya Surakarta dan pengaruh strategi pemasaran terhadap pemasaran surat kabar Suara Merdeka. Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang strategi pemasaran dan pengaruh strategi pemasaran terhadap pemasaran Suara Merdeka.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode interview yaitu mengadakan wawancara langsung dengan Kepala Pemasaran PT Suara Merdeka Surakarta dan studi pustaka dengan mempelajari literatur dan referensi yang relevan dengan permasalahan strategi pemasaran. Penulisan ini bersifat deskriptif yang menggambarkan secara sistematis faktual mengenai obyek yang diteliti.

Strategi pemasaran yang digunakan meliputi segmenting, targeting, positioning dan marketing mix. Prosentase Pembaca terbanyak pada usia 26-35 tahun (32,36 %), pendidikan SMU (44,97%), pekerjaan swasta (34,77%), pembaca terbanyak pada Solo dengan 25 %. Sasaran pembaca adalah golongan ekonomi menengah ke atas. Suara Merdeka berada pada tahap kedewasaan yang selalu melakukan inovasi. Promosi dilakukan secara langsung oleh SPG dan dengan menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, pemerintahan sedangkan promosi tidak lansung yaitu melalui radio, TV,dan block note. Distribusi dilakukan secara langsung dan tidak lansung.

Berdasarkan hasil pembahasan, dalam memasarkan produknya PT. Suara Merdeka Wilayah Kodya Surakarta menggunakan strategi pemasaran yang terarah yaitu STP yang meliputi segmenting, targeting, positioning dan strategi marketing mix. Pengaruh segmentasi pasar terhadap pemasaran adalah memfokuskan pasar yang dipilih, target pasar menentukan segmen pasar yang dituju, positioning mempunyai keunggulan bersaing. Sedangkan kombinasi marketing mix yang tepat akan dapat meningkatkan volume penjualan. Segmen yang dipilih adalah kelompok golongan ekonomi menengah ke atas, kelompok pembaca usia 26-35 tahun yang bekerja pada swasta dengan pendidikan SMU. Saat ini Suara Merdeka berada pada tahap kedewasaan yang selalu melakukan inovasi. Saran yang dapat penulis berikan adalah meningkatkan pelayanan kepada konsumen, meningkatkan kegiatan promosi dan selalu menampilkan berita yang akurat dengan tampilan menarik.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Tugas Akhir.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, MBA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis