Penulis Utama : Yuli Aryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Osteoporosis dengan Asupan Kalsium pada Wanita Premenopause di Desa Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : ix, 52 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Progdi. DIV Kebidanan-R.1106029-2007
Subyek : WANITA PREMENOPAUSE
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Osteoporosis adalah suatu kondisi berkurangnya massa tulang secara nyata yang berakibat pada rendahnya kepadatan tulang. Osteoporosis sering terjadi pada masa menopause sehingga asupan kalsium yang cukup sangat penting untuk mencegah osteoporosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang osteoporosis dengan asupan kalsium pada wanita premenopause di Desa Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada April – Mei 2007. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan didapatkan 67 subjek penelitian. Alat ukur yang digunakan adalah kuersioner tingkat pengetahuan tentang osteoporosis dan asupan kalsium. Untuk mengetahui jumlah asupan kalsium wanita premenopause digunakan kuersioner 24-hour food recall. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan analisis Regresi Linier Sederhana dan analisis o ne Sample T Test dengan menggunakan program SPSS 11.00 for Windows.
Hasil uji statistik korelasi didapatkan r sebesar 0,42 dimana p = 0,000, sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara nilai tingkat pengetahuan dengan asupan kalsium. Hasil analisis regresi linier sederhana menyatakan bahwa nilai tingkat pengetahuan dan nilai asupan kalsium berpengaruh secara signifikan dengan p = 0,000, sehingga apabila nilai tingkat pengetahuan semakin bertambah maka asupan kalsium akan semakin bertambah pula. Hasil analisis o ne sample t test nilai rata-rata asupan kalsium responden 289,182 mg/hr, menunjukkkan angka di bawah Angka Kecukupan Gizi (AKG) kalsium sebesar 500 mg/hr.

Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang osteoporosis dengan asupan kalsium pada wanita premenopause.

File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum : 6804/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran