Penulis Utama : T. Aprilani S.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Perbedaan derajat insomnia akibat bising pesawat udara pada masyarakat di sekitar bandara Adi Sumarmo Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : viii, 45 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G.0003190-2007
Subyek : INSOMNIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Saat ini kebisingan telah menjadi masalah bagi masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di kota besar. Salah satu sumber bising yang cukup meresahkan masyarakat adalah bising pesawat udara. Bising merupakan stressor bagi individu yang dapat merangsang hipotalamus sehingga terjadi peningkatan hormon-hormon stres seperti adrenalin, noradrenalin, dan kortisol. Hal inilah yang menyebabkan bising berpengaruh terhadap stres. Stres dapat mengakibatkan keluhan psikosomatis diantaranya insomnia.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu penelitian eksperimental dimana faktor risiko dan efek diobservasi hanya sekali pada saat yang sama. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penduduk desa Dibal. Penduduk desa Dibal dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok yang tempat tinggalnya berjarak 0-100 m dari bandara Adi Sumarmo sebagai kelompok I, 100-1000 m sebagai kelompok II, dan >1000 m sebagai kelompok III. Sampel diperoleh dari penduduk desa yang memenuhi beberapa kriteria eksklusi dan inklusi yang telah ditetapkan. Pengambilan sampel dilakukan bertahap dengan teknik multi stage random sampling, yaitu dengan membagi masing-masing kelompok ke dalam RT, RW, serta individu dan kemudian sampel ditetapkan secara acak sejumlah 30 pada setiap kelompok. Untuk mengukur insomnia, peneliti menggunakan kuesioner Insomnia Rating Scale. Data yang diperoleh berupa skor insomnia berskala rasio yang kemudian dianalisis dengan uji o neway Anova (α=0,05) dan dilanjutkan dengan uji LSD melalui program SPSS 13 for Windows.
Hasil uji o neway Anova yang dilanjutkan dengan uji LSD menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna (p<0,05) antara kelompok I dan kelompok II, kelompok I dan kelompok III, maupun kelompok II dan kelompok III.
Kesimpulan yang diperoleh adalah ada perbedaan derajat insomnia akibat bising pesawat udara pada masyarakat di sekitar bandara Adi Sumarmo.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hartono, dr., MSi
2. Rahman, dr.
Catatan Umum : 5674/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran