Penulis Utama : Rifa Caturiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Asi Dengan Pemberian Kolostrum Di RS. Kristen Tayu Kabupaten Pati
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : viii, 33 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIV Kebidanan-R.1106020-2007
Subyek : PENGETAHUAN TENTANG ASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang ASI dengan pemberian kolostrum.

Kolostrum adalah ASI berwarna kekuningan yang keluar pada hari pertama sampai hari ke-4 sampai ke-7. Faktor yang mempengaruhi awal pemberian kolostrum diantaranya yaitu pengetahuan mengenai proses laktasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi pengetahuan adalah sosial ekonomi, kultur (budaya, agama), pendidikan, pengalaman. Pengetahuan tentang ASI yang baik mengenai manfaat, kandungan, jenis, dan pentingnya kolostrum sangat di perlukan agar ibu dapat memberikan kolostrum pada bayinya.

Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Instumen yang digunakan adalah kuesioner sebagai panduan wawancara terhadap responden. Populasi penelitian ini adalah ibu-ibu menyusui dengan kriteria yang telah ditentukan di RS Kristen Tayu Kabupaten Pati. Sampel yang diambil adalah 30 orang. Hasil pengumpulan data di olah menggunakan uji statistik chi square dengan taraf signifikasi 0,05 di lanjutkan dengan koefisien kontingensi untuk mengetahui sejauh mana hubungan variabel.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang ASI dengan pemberian kolostrum. Dengan hasil X2 hitung 11,25 yang lebih besar dari X2 tabel 5,591. Hasil koefisiensi 0,522 yang menunjukkan tingkat hubungan variabel dalam kategori sedang.

Sebagian besar responden sudah memberikan kolostrum pada bayinya dengan pengetahuan tentang ASI cukup, baik. Di harapkan pengetahuan tentang ASI di tingkatkan sehingga ibu sadar dalam memberikan kolostrum untuk pertumbuhan dan perlindungan bagi bayinya.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Widjokongko. dr, PHK
2. Mujahidatul Musfiroh, S.Kep NS
Catatan Umum : 6627/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran