Penulis Utama : Sucsesi Sandhawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mahasiswa D IV Kebidanan Jalur Transfer Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Tahun Ajaran 2006/2007
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : ix, 50 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Progdi. DIV Kebidanan-R.1106023-2007
Subyek : KECERDASAN EMOSIONAL
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mahasiswa D IV kebidanan jalur transfer Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret tahun ajaran 2006/2007.

Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengindera untuk mengenali perasaan dan kemampuan mengelola emosi sebagai energi, informasi dan pengaruh terhadap apa yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Kecerdasan emosional meliputi lima dimensi yaitu self awareness, self regulation, motivation, empathy, social skills. Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross secsional. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa D IV Kebidanan jalur transfer FK UNS, penetapan sampel dilakukan secara total sampling dengan menggunakan sampel sejumlah 45 responden. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional dan motivasi belajar adalah kuesioner dengan skala interval yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data digunakan rumus korelasi pearson product moment.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar didapatkan harga r sebesar 0,633 dengan nilia thitung = 5,356 tingkat hubungannya tergolong kuat. Dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharno, M.Pd
2. dr. Hasan Douwes, SU. MARS. PAK
Catatan Umum : 6752/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran