Penulis Utama : Muzayyaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil dengan pencegahan anemia selama kehamilan di Puskesmas Kebakkramat I Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : x, 41 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIV Kebidanan-R.1106042-2007
Subyek : ANEMIA, PENCEGAHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Penyebab kematian ibu merupakan suatu hal yang cukup komplek. AKI ( Angka Kematian Ibu ) merupakan barometer pelayanan kesehatan ibu di suatu negara. Salah satu penyebab tidak langsung dari AKI di Indonesia adalah kurangnya pemanfaatan pelayanan kesehatan ibu karena rendahnya tingkat pengetahuan ibu hamil dan keluarga tentang pencegahan anemia selama kehamilan. Dimana angka kejadian anemia selama kehamilan masih cukup tinggi. Dalam penelitian ini mencoba menjawab apakah terdapat hubungan yang positif antara tingkat pengetahuan ibu hamil dengan pencegahan anemia selama kehamilan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil, faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian dan pencegahan anemia selama kehamilan.

Kerangka konsep yang mendasari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu hamil yang menjadi variabel bebas dengan kategori tinggi, cukup dan rendah. Sedangkan pencegahan anemia selama kehamilan sebagai variabel terikat dengan kaegori baik, cukup dan kurang.
Desain penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian adalah semua ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di RB puskesmas kebakkramat I karanganyar pada bulan april dan mei 2007, dengan pengampilan sampel dengan cara random sampling yaitu kuota sampling, teknik pengambilan data dengan penyebaran kuesioner yang kemudian dianalisa dengan menggunakan person product moment untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil dengan pencegahan anemia selama keamilan.

Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil tinggi dengan prosentase 46,7 % dan pencegahan anemia selama kehamilannya baik dengan prosentase sebesar 43,3 %. Uji korelasi dengan tingkat kepercayaan 95 % diperoleh hasil 0,866 yang menunjukkan bahwa terdapa hubungan yang positif antara tingka pengetahuan ibu hamil dengan pencegahan anemia selama kehamilan.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah terapat hubungan yang positif antara tingkat pengetahuan ibu hamil dengan pencegahan anemia selama kehamilan.

File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putu Suriyasa, MS. PKK.Sp.OK
2. dr. Kiyatno, Mor. PFK
Catatan Umum : 5954/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran