Penulis Utama : Tri Gunawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Efek tumbukan daun jarak pagar (jatropha curcas L.) terhadap penghentian perdarahan eksternal pada Mencit
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : viii, 35 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G.0003191-2007
Subyek : MASA PERDARAHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penghentian perdarahan eksternal pada mencit oleh tumbukan daun Jarak Pagar (Jatropha curcas L.).

Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratorik dengan menggunakan metode Post Test o nly Control Group Design. Penelitian dilakukan di Laboratorium Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Hewan uji penelitian ini adalah 30 ekor mencit jantan berumur kurang lebih 2-3 bulan dengan berat antara 20-30 gram yang dipilih secara purposive sampling. Bahan penelitian berupa tumbukan daun Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) diperoleh dari BPTO Tawangmangu. Obyek dibagi dalam 5 kelompok, masing-masing terdiri dari 6 ekor mencit. Gelatin digunakan sebagai kontrol positif, sedang kontrol negatif adalah kelompok yang tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diteliti masing-masing diberi tumbukan daun Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) dengan konsentrasi 25%, 50%, dan 100% pada luka yang telah dibuat. Mencit dilukai dengan lanset kemudian darah yang ke luar diserap dengan kertas saring tiap 15 detik, dan data yang diperoleh dianalisa dengan uji anova dilanjutkan uji post hoc LSD.

Hasil perhitungan statistik dengan uji anova diperoleh Fo sebesar 45,885 dengan Ft sebesar 2,76, maka Fo > Ft, sehingga Ho ditolak. Hasil uji post hoc LSD menunjukkan bahwa pada taraf kepercayaan (α) 0,05 terlihat adanya perbedaan masa penghentian perdarahan secara bermakna antara kelompok I dan II, I dan III, I dan IV, I dan V, II dan V, III dan IV, III dan V, IV dan V.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tumbukan daun Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) mempunyai efek penghentian perdarahan eksternal pada mencit. Kelompok yang mendapat perlakuan dengan tumbukan daun Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) konsentrasi 100% mempunyai masa perdarahan yang paling pendek dibandingkan dengan kelompok lainnya.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yul Mariyah, dra., Apt., M.Si
2. P. A. Putranto, dr., M.Si
Catatan Umum : 6074/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran