Penulis Utama : Shinta Febriana Yustisiari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh Pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Kadar Glukosa DarahPada Tikus Putih Jantan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2006
Kolasi : ix, 48 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G.0003181-2006
Subyek : VIRGIN COCONUT OIL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan salah satu hasil olahan dari buah kelapa (Cocos nucifera) tua segar yang diolah pada suhu rendah (< 600 ). Dalam VCO terdapat Medium Chain Fatty Acid (MCFA) yang merupakan komponen asam lemak berantai sedang yang memiliki banyak fungsi, antara lain mampu merangsang produksi insulin, meningkatkan kemampuan sel ß pankreas serta memperbaiki sekresi insulin dan penggunaan glukosa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek hipoglikemik (penurunan glukosa darah) terhadap tikus putih jantan yang sebelumnya dibuat diabetic dengan aloksan dan sejauh mana efektifitas hipoglikemiknya dibanding glibenklamid.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni laboratorik dengan rancangan penelitian pretest and post test group design. Hewan uji yang digunakan adalah tikus putih jantan galur Wistar sebanyak 25 ekor dengan usia kurang lebih dua bulan dan berat badan kurang lebih 100 g. Hewan uji dibagi ke dalam lima kelompok, yaitu kelompol control negative (aquadest 2 ml), kelompok uji yaitu pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) per oral dengan dosis masing-masing 0,57 ml/100 gr BB ; 1,13 ml/100 gr BB ; 2,27/100 gr BB, dan kelompok control positif yaitu glibenklamid 0,05 mg/100 gr BB/1 ml. Pengukuran glukosa darah dilakukan sebelum pemberian aloksan, empat hari setelah pemberian aloksan, dan hari ke-5 perlakuan atau hari ke-11 penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA yang kemudian dilanjutkan dengan Post Hoc Test.

Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kadar glukosa darah pada kelompok uji dan control positif glibenklamid. Analisis dengan uji ANAVA menunjukkan adanya perbedaan secara bermakna (p<0,05) pada sumber variasi antar dosis. Hasil Post Hoc Test menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara kelompok control negative dengan kelompok control positif maupun dengan kelompok uji.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Virgin Coconut Oil (VCO) dapat menurunkan kadar glukosa darah pada pemberian peroral pada tikus putih jantan, namun efeknya lebih rendah dari glibenklamid.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bambang S.,dr.,MMed.Sci.,R.Nutr,Sp.GK
2. Widardo, drs., Msc.
Catatan Umum : 5632/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran