Penulis Utama : Risa Nuri Anggreini J
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Pengaruh Ekstrak Tanaman Daun Sendok (Plantago Major L) terhadap Hitung Jenis Sel Leukosit Darah Tepi pada Mencit Model Alergi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : vii, 44 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G.003167-2007
Subyek : EKSTRAK DAUN SENDOK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Tanaman daun sendok sudah umum digunakan sebagai tumbuhan obat. Menurut beberapa penelitian tanaman daun sendok diketahui mempunyai efek anti inflamasi dan anti alergi karena di dalamnya terkandung flavonoid, aukubin, katalpol, dan tanin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak tanaman daun sendok terhadap hitung jenis sel leukosit darah tepi pada mencit model alergi. Pemeriksaan leukosit darah tepi merupakan salah satu indikator untuk proses alergi dimana yang dominan meningkat adalah eosinofil.

Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratorik dengan post tes o nly control group design. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Pengambilan sampel tanaman daun sendok dengan cara acak. Hewan uji yang digunakan adalah dua puluh dua ekor mencit jantan yang dikelompokkan secara acak menjadi 4 kelompok. Kelompok I tanpa perlakuan sebagai kontrol negatif, hanya diberi diet standar. Kelompok II diberi diet standar, ekstrak tanaman daun sendok dengan dosis 0,05 cc/mencit dan ovalbumin (OVA). Kelompok III sebagai kontrol positif, diberi diet standar, antihistamin generasi 3 peroral dengan dosis 0,08 cc/mencit dan OVA. Kelompok IV diberi diet standar dan OVA. Penelitian ini dilaksanakan selama 16 hari dan pengambilan data dilakukan hari 17 dengan mengambil darah mencit dari A. Orbitalis, kemudian diperiksa jumlah hitung jenis sel leukosit darah tepi mencit dari masing-masing kelompok dan dikelompokkan ke dalam sistem grading. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan Kruskal-Wallis menggunakan program SPSS for windows release.
Hasil uji Kruskal-Wallis terhadap hitung jenis sel basofil, eosinofil, neutrofil batang, neutrofil segmen, limfosit, dan monosit mencit antar kelompok perlakuan menunjukkan perbedaan yang tidak signifikan (p > 0,05). Ini berarti tidak adanya perbedaan antar kelompok penelitian.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa ekstrak tanaman daun sendok dengan dosis 10 mg/20 gram BB/hari tidak dapat menurunkan jumlah sel leukosit darah tepi pada mencit model alergi.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. R. Prihandjojo Andri Putranto, dr. Msi
2. Siti Aisyah, Dra, Apt, M.Si.
Catatan Umum : 6527/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran