Penulis Utama : Farida Sukowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Efektivitas program pemberian tablet merah terhadap peningkatan Hemoglobin Ibu Hamil Dengan Anemia Ringan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2007
Kolasi : x, 49 hal.
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Progdi. DIV Kebidanan-R.1106007-2007
Subyek : IBU HAMIL
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Saat ini, angka kematian ibu hamil di Indonesia merupakan yang tertinggi di ASEAN yakni 307 dari 100 ribu kelahiran. Kontribusi anemia terhadap kematian ibu mencapai 50 % hingga 70 %. Sejak tahun 1974, Departemen Kesehatan melakukan program suplementasi tablet besi (yang seterusnya disebut dengan tablet merah) pada ibu hamil yang berjumlah 90 tablet, tiap tablet salut berisi Ferro Sulfat 200 mg dan Asam Folat 0,25 mg. Namun prevalensi anemia ibu hamil masih mencapai 80 %. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas program pemberian tablet merah terhadap peningkatan hemoglobin ibu hamil dengan anemia ringan.

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian o ne group pre and post test design dan menggunakan pendekatan komparatif. Sampel penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester 2 dengan anemia ringan yang memeriksakan kehamilan di Puskesmas Guntur I, serta tercatat di wilayah Puskesmas Guntur I yang berjumlah 30 subyek. Data diperoleh dengan pemeriksaan hemoglobin langsung kepada ibu hamil dan kuesioner yang dibagikan. Sebagai variabel terikat adalah peningkatan kadar hemoglobin, dan variabel bebas yaitu pemberian tablet merah. Variable perancu penelitian ini terdiri dari kepatuhan, tingkat pengetahuan, tingkat sosial-ekonomi, dan kecukupan zat gizi. Analisis penelitian yang digunakan menggunakan Chi-Square.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa variable perancu mempunyai hubungan yang tidak signifikan dengan efektivitas program pemberian tablet merah terhadap peningkatan hemoglobin ibu hamil dengan anemia ringan. Hasil penelitian dianalisis dengan Chi-Square test, diperoleh nilai Chi-Square hitung 0,513, maka hipotesa diterima. Ini menunjukkan bahwa program pemberian tablet merah tidak efektif terhadap peningkatan hemoglobin ibu hamil dengan anemia ringan. Cara paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan pemberian tablet merah kepada ibu hamil sejak awal trimester dan berkesinambungan selama 3 bulan serta lebih memperhatikan dosis dan aturan minum sesuai penyebab dan derajat anemia, sehingga penanganan anemia dapat teratasi dengan lebih baik.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Imam Syafii, dr
2. H. Zainal Abidin, dr, M.Kes
Catatan Umum : 6684/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran