Penulis Utama : Hastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Atribut jasa siaran radio pesona fra Sukoharjo dalam meraih pendengar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM. F3201049-2004
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen :
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Setiap perusahaan pasti akan melakukan berbagai usaha, baik melalui fungsi pemasaran maupun fungsi produksinya agar dapat bertahan dalam berbagai persaingan yang sangat ketat dan dapat meraih pasar. Cara yang ditempuh oleh perusahaan dilihat dari segi produksinya adalah bagaimana usaha mereka dalam menciptakan dan menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen yang menjadi segmen dan target pasar mereka. Permasalahan yang sering dihadapi adalah apakah produk yang dihasilkan tersebut mampu memenuhi kebutuhan dan selera konsumen. Peneliti an yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui penggunaan atribut jasa siaran oleh Radio Pesona FM yang dikaitkan dengan program acara dan profil pendengarnya.

Penggunaan atribut jasa siaran yang diteliti pada Radio Pesona FM mencakup 3 hal, yaitu Gaya dan Kualitas Bahasa Penyiar, Variasi Acara dan Lagu, serta Metode Penyajian Acara. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara langsung terhadap pimpinan Radio Pesona FM. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tehnik analisa diskriptif yang akan menunjukkan bagaimanakah penggunaan atribut jasa siaran yang dilakukan oleh Radio Pesona FM dengan menghubungkan program acara yang ditawarkan dan profil pendengar mereka.

Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh beberapa hasil sebagai berikut:

1. Profil pendengar Radio Pesona FM sebagian besar berjenis kelamin wanita sebesar 60%, mempunyai tingkat pendidikan tamatan SMU sebesar 40 % dan memiliki aktifitas sebagai ibu rumah tangga serta lain-lain misal buruh dan pengangguran masing-masing sebesar 35 %.

2. Penggunaan atribut jasa siaran yang ditawarkan sangat diperhatikan dengan kebutuhan dan selera pendengarnya dan membuat sedemikian rupa hubungan antara acara satu dengan yang lain agar perubahan atau pergantian acara tersebut tidak terlalu berbeda jauh.

Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perusahaan menggunakan atribut jasa siarannya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumennya. Dengan demikian perusahaan sebaiknya memperhatikan program acaranya secara baik dengan cara memprioritaskan siaran-siaran yang dapat memenuhi kebutuhan dan selera pendengarnya yang memiliki prosentase terbesar di dalam profil pendengarnya yaitu mereka yang berjenis kelamin wanita, mereka yang memiliki tingkat pendidikan tamatan SMU, serta mereka yang beraktifitas sebagai ibu rumah tangga dan lain-lain agar tetap dapat memerangi persaingan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis