Penulis Utama : Rini Utami
NIM / NIP : H3104079
× ABSTRAK Kemajuan jaman perkembangan Iptek serta kegemaran masyarakat akan produk jamu, mendorong berkembangnya industri jamu di Indonesia. Produk jamu yang dihasilkan industri lebih bersifat praktis (instan), terjamin keamanannya (jaminan dari Depkes), kehalalannya (jaminan dari MUI), serta harganya yang terjangkau.
Salah satunya perusahaan juga mengembangkan produk jamu ke arah yang lebih maju dengan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam produknya. Misalnya jamu instan atau jamu dalam bentuk pil, kapsul, dan tablet. PT. Air Mancur merupaan salah satu produsen jamu yang sudah sangat terkenal, baik masyarakat kota maupun pedesaan. Salah satu hasil produknya adalah “kola-som” yaitu jamu dalam bentuk serbuk yang dikonsumsi dengan cara diseduh dengan menggunakan air hangat, selain dikonsumsi dengan cara diseduh masih ada macan jamu yang lain, yaitu jamu untuk obat luar seperti param dan pilis, ada juga dalam bentuk tablet maupun kapsul. Pemilihan PT. Air Mancur sebagai lokasi magang didasarkan atas beberapa alasan dan pertimbagan sebagai berikut :
a. PT. Air Mancur merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan pangan, terutama tanaman obat-obatan yang sesuai dengan keilmuan yang telah dipelajari dalam jurusan Teknologi Hasil Pertanian.
b. PT. Air Mancur telah mengeluarkan bermacam-macam produk, diantaranya jamu serbuk, pil, tablet, kapsul, param, dan pilis.
c. Lokasi PT. Air Mancur unit Palur mudah dijangkau dari arah Solo maupun Sragen, karena terletak di jalan Raya Solo – Sragen Km.7 Palur Karanganyar.
×
Penulis Utama : Rini Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3104079
Tahun : 2007
Judul : Proses produksi jamu di PT. Air Mancur
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2007
Program Studi : D-3 Teknologi Hasil Pertanian
Kolasi : v, 64hal.
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog. DIII Teknologi Hasil Pertanian-H3104079-2007
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Basito. MSi
2. Dian Rachmawati A, STP
Penguji :
Catatan Umum : 5821/2007
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.