Penulis Utama : Retno Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Cinta dan tragedi dalam tujuh novel karya Any Asmara (sebuah tinjauan resepsi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Daerah-C.0102048-2006
Subyek : TINJAUAN RESEPSI SASTRA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana deskripsi unsur-unsur intrinsik dalam tujuh novel karya Any Asmara yang meliputi tema, alur, penokohan, latar, dan amanat serta bagaimana keterkaitan antar unsur dalam tujuh novel karya Any Asmara? (2) Bagaimanakah penggambaran cinta dan tragedi yang tercermin dalam tujuh novel karya Any Asmara? (3) Bagaimanakah relevansi cinta dan tragedi dalam tujuh novel karya Any Asmara dengan kehidupan masyarakat pada masa sekarang ini?
Tujuan penelitian adalah (1) Mendiskripsikan unsur-unsur sastra yang meliputi tema, alur, penokohan, latar, dan amanat dalam tujuh novel karya Any Asmara. (2) Mendeskripsikan penggambaran cinta dan tragedi yang tercermin dalam tujuh novel karya Any Asmara. (3) Mengungkapkan relevansi cinta dan tragedi dalam tujuh novel karya Any Asmara dengan kehidupan masyarakat pada masa sekarang ini.
Penelitian ini merupakan penelitian sastra di bawah payung penelitian kualitatif deskriptif. Di mana teknik cuplikan bukan berdasarkan pada prosentase kuantitas tetapi berdasarkan kesamaan-kesamaan yang terdapat dalam ketujuh novel karya Any Asmara.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode library research. Berangkat dari pendekatan struktural, kemudian menuju pada tinjauan resepsi sastra. Tinjauan respsi sastra di mana pembaca berperan sebagai pemberi tanggapan ataupun penilaian terhadap karya sastra yang dinikmati.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) Ditinjau dari segi struktural, ketujuh novel karya Any Asmara menunjukkan satu kesatuan yang utuh dan hidup dengan adanya keterkaitan antar unsur-unsurnya, seperti tema, alur, penokohan, latar, dan amanat. Secara keseluruhan, unsur-unsur yang membangun ketujuh novel karya Any Asmara saling terkait, sehingga ketujuh novel tersebut dapat dikatakan aebagai karya yang berbobot dan menarik untuk dinikmati atau bahkan untuk diteliti. (2) Ditinjau dari anlisis resepsi sastra, dimana pembaca selaku pemberi tanggapan terhadap karya sastra, yang mana dalam hal ini adalah ketujuh novel karya Any Asmara yang menampilkan kisah percintaan dengan berbagai fenomena kehidupan berupa kesedihan, kebahagiaan, penderitaan dan berbagai peristiwa yang lainnya. Penikmat karya sastra berhak memberi tanggapan sesuai dengan apa yang mampu diterima olehnya dari dalam karya sastra tersebut. (3) Relevansi cerita dari ketujuh novel karya Any Asmara sangat dekat dengan kehidupan masyarakat pada masa sekarang ini, karena pada dasarnya cinta dan tragedi tidak dapat terpisahkan dari kehidupan ini. Dengan kata lain bahwa cinta dan tragedi sudah menjadi satu kesatuan dalam kehidupan dan tidak dapat terpisahkan. Cinta dan tragedi akan selalu ada dalam kehidupan ini.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sahid Teguh Widodo, S.S, M.Hum
2. Dra. Endang Siti Saparinah, M.S
Catatan Umum : 2810/2006
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa