Penulis Utama : Aryoto Agung Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Strategi pemasaran barang di PT. Solo Murniagung Industri Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : ii, 54 hal.
Sumber : UNS-F.Ekonomi Prog. DIII Bisnis Internasional-F.3103008-2006
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah memperoleh gambaran lebih mendalam dan pemahaman mengenai strategi pemasaran barang PT. SOLO MURNIAGUNG INDUSTRI. Strategi pemasaran barang menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang terdiri variabel produk, harga, promosi, dan tempat distribusi.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisis secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara secara langsung kepada pihak-pihak yang berkompeten pada PT. SOLO MURNIAGUNG INDUSTRI, sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi kepustakaan dan data-data pada PT. SOLO MURNIAGUNG INDUSTRI yang relevan dengan pokok bahasan yang diambil.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa PT. SOLO MURNIAGUNG INDUSTRI telah menggunakan Marketing Mix sebagai strategi pemasaran barang. Marketing mix yang diterapkan terdiri atas empat variabel yaitu Product, Price, Promotion, Dan Place. Terdapat faktor-faktor yang mendukung strategi pemasaran yang diterapkan antara lain (1) kualitas barang, (2) ketepatan pengiriman, (3) harga terjangkau, (4) garansi atas komplain, dan (5) transaksi yang timbul karena relasi bisnis. Terdapat hambatan dalam strategi pemasaran pada PT. SOLO MURNIAGUNG INDUSTRI, yaitu Produk yang dihasilkan kualitasnya tertinggal dengan produk dari pesaing. Penyebabnya adalah mesin yang sudah kuno dan ketinggalan teknologi. Biaya produksi menjadi lebih mahal apabila tidak dilakukan pembaharuan mesin sehingga harga kurang bersaing dengan harga dari para pesaing. Promosi belum maksimal hanya mengandalkan referensi dari orang ke-orang. Tempat perusahaan yang terletak jauh dari pelanggan dari kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya sehingga relatif menambah biaya pengangkutan.

 Dari kesimpulan diatas penulis menyarankan agar perusahaan sedapatnya memprogramkan untuk memperbaharui mesin produksi. Alokasi anggaran untuk departemen Reseach & Development dianggap penting demi keberlangsungan perusahaan dalam persaingan ke depan.

 

 

Kata kunci: Marketing Mix, Product, Price, Promotion, Place, Kualitas Barang, Ketepatan Pengiriman, Harga terjangkau, Relasi Bisnis, Reseach & Develoment
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.
Catatan Umum : 2162/2006
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis