Penulis Utama : Alif Puspo Ardianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Evaluasi penentuan harga pokok produksi dengan metode JOB Order Costing pada CV. Karuna Cipta Persada Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : iv, 49 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi DiplomaIII Jur. Akuntansi NIM. F3303005
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengevaluasi penghitungan harga pokok produksi yang telah dilakukan oleh CV. Karunia Cipta Persada Surakarta. Harga pokok Produksi yang dihitung secara tepat akan sangat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan, terutama keputusan untuk pengendalian biaya dan penentuan harga jual suatu produk.

CV. Karunia Cipta Persada merupakan perusahaan yang kegiatannya melakukan finishing terhadap produk furniture berdasarkan permintaan dari pelanggan, sehingga dalam menentukan harga pokok produk menggunakan metode job order costing, yaitu mengumpulkan biaya produksi untuk masing-masing pekerjaan. Penghitungan harga pokok produksi yang dilakukan perusahaan meliputi penghitungan biaya bahan baku, biaya bahan penolong dan assesoris, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik

Dengan data yang tersedia, maka penulis menyimpulkan bahwa penghitungan harga pokok produksi yang dilakukan perusahaan belum tepat. Perusahaan belum memisahkan antara biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya bahan penolong yang merupakan biaya tidak langsung dimasukkan ke komponen biaya langsung, biaya bahan penolong seharusnya dimasukkan kekomponen biaya overhead pabrik. Biaya tenaga kerja belum diperlakukan dengan tepat, perusahaan memasukkan biaya packing kedalam tenaga kerja langsung padahal biaya packing sulit untuk ditelusur ke produk jadi. Penghitungan biaya overhead pabrik oleh perusahaan tidak tepat, perusahaan dalam menghitung biaya overhead pabrik tidak menggunakan tarif yang ditentukan dimuka.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yacob Suparno, M.Si., Ak,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis