Penulis Utama : Puji Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian kartu perdana IM3 (survei pada mahasiswa Universitas sebelas Maret)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2007
Kolasi : xv, 64 hal.
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur. Manajemen-F.1205567-2007
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh secara parsial dan bersama – sama antara variabel independen, yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi, terhadap variabel dependen yaitu keputusan konsumen dalam pembelian kartu perdana IM3, serta variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen.

Hipotesis dalam penilitian ini adalah variabel independen berpengaruh secara parsial dan bersama – sama terhadap variabel dependen, serta variabel harga yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian.

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi mahasiswa universitas sebelas maret yang menggunakan kartu perdana IM3 selama minimal 6 bulan, yang berjumlah 100 responden. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling.

 Metode pengumpulan data dengan kuisioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif yang terdiri dari regresi linier berganda, uji F, uji t, serta koefisien determinasi (R2).

Dari analisis deskrptif diketahui karakteristik dari responden yang terdiri dari jenis kelamin, umur, fakultas, uang saku perbulan, dan lama pemakaian kartu perdana IM3 secara umum bervariasi. Sedangkan dari hasil analisis kuantitatif diperoleh hasil sebagai berikut : untuk regresi linier berganda, diperoleh persamaan regresi Y = -0.870 + 0.299X1 + 0.297X2 + 0.353X3 +0.221X4: yang artinya, apabila indikator dari keempat variabel independen tidak dipenuhi, maka keputusan pembelian konsumen akan mengalami penurunan. Dari  hasil penghitungan uji t, menunjukkan bahwa nilai >  (1.99) maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependent secara individu dan faktor harga  paling dominan dalam mempengaruhi keputusan  pembelian  dibandingkan faktor yang lain. Hasil uji F menunjukkan bahwa  (82.568) >  (2.65). Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara variabel independen terhadap variabel dependen mepengaruhi bersama – sama secara signifikan. Hasil uji R, menunjukkan bahwa 76,7% keputusan konsumen membeli kartu perdana IM3 benar – benar dipengaruhi oleh faktor produk, harga, distribusi, dan promosi. Sedangkan sisanya sebesar 23.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel independen mempengaruhi variabel dependen secara signifikan baik secara parsial maupun bersama – sama, dan variabel yang paling berpengaruh adalah variabel harga. Saran yang dapat diberikan kepda PT. Indosat cabang Surakarta adalah agar perusahaan memperhatikan variabel produk, harga, distribusi, dan promosi perusahaan secara keseluruhan, dengan tujuan untuk mempertahankan dan memperluas konsumen, karena seluruh variabel mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dan mempertahankan penetapan harga yang telah diberlakukan, untuk menarik minat konsumen untuk membeli kartu perdana IM3. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah untuk memperbanyak variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian dan melakukan penelitian dengan metode penelitian yang lain, serta melibatkan konsumen yang lebih luas lingkupnya untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih signifikan.

 

 

 

 

Kata Kunci : Produk, Harga, Distribusi, Promosi, Keputusan Pembelian.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Hastjarja KB, MM.
Catatan Umum : 6751/2007
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis