Penulis Utama : Kartini Ria Pratiwiek
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Sistem penjualan pada Dealer Tunas Jaya motor Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 41 hal.
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur. Manajemen Pemasaran-F.3203055-2006
Subyek : MANAJEMEN PENJUALAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penjualan merupakan proses pertukaran barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Penjualan bertujuan untuk mencapai hasil pengembangan usaha yang direncanakan sampai batas kemampuan terbaik bagi kelompok penjual. Penjualan yang dilaksanakan dengan efisien dan efektif sangat diperlukan dalam upaya mencapai kondisi perusahaan yang sehat dan berkembang.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membandingkan antara penjualan tunai dengan penjualan kredit baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga dapat diketahui prosentase penjualan dalam 1 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan pihak yang terkait. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran bagi perusahaan dalam menentukan kebijakan yang terbaik untuk para pelanggannya dalam melakukan penjualannya. Dan bagi penulis dapat bermanfaat sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama studi serta untuk memenuhi persyaratan gelar Ahli Madya.

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah tingkat prosentase penjualan Dealer Tunas Jaya Motor baik penjualan kredit maupun penjualan tunai. Peneitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis perbandingan harga total rata-rata penjualan dengan volume penjualan.

Dalam satu periode terdiri dari 12 bulan. Total harga rata-rata penjualan tunai adalah Rp. 3.001.525.000 total harga rata-rata penjualan kredit adalah Rp. 1.611.300.000 dan melalui leasing sebesar Rp. 11.308.650.000. Dari analisis perbandingan tersebut diperoleh hasil bahwa Dealer Tunas Jaya Motor pada periode 2005 mengalami penjualan terbesar melalui penjualan kredit tak langsung atau leasing sebesar 71,03s% dibanding dengan penjualan tunai atau melalui kredit langsung.

Dari bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa analisis mengenai penjualan Dealer Tunas Jaya Motor yang ternyata penjualan lebih besar dengan melalui penjualan kredit. Berdasarkan analisis tersebut diatas maka diajukan saran-saran tidak melakukan penjualan melalui kredit langsung, memberikan hadiah langsung kepada konsumen, memberikan komisi sales.

File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bapak Drs. Djoko Purwanto, MBA
Catatan Umum : 2172/2006
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis