Penulis Utama : Sumadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Peran Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan penanaman modal dalam mengembangkan produk ekspor di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2007
Kolasi : xi, 43 hal.
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur. Bisnis Internasional-F.3104038-2007
Subyek : KOPERASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & Penanaman Modal kabupaten Sukoharjo merupakan instansi pemerintah dengan tujuan utama adalah mewujudkan perekonomian daerah guna meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan usaha industri, perdagangan, koperasi dan penanaman modal yang mantab, mandiri dan berkeadilan.

Dalam Tugasnya Disperindagkop dan PM memberikan fasilitas pelayanan umum kepada masyarakat pengusaha yang berupa pembinaan, pelatihan kemitraan dan lain-lain sehingga dapat menjadi pengusaha yang mandiri mantap dan kompetitif. Hal ini melatar belakangi tujuan khusus yang akan dicapai dari penelitian ini, yakni 1). Untuk mengetahui gambaran umum ekspor di Kabupaten Sukoharjo, 2).Untuk mengetahui pelaksanaan fungsi kerja Deperindag Koperasi dan Penanaman Modal dalam meningkatkan ekspor Kab. Sukoharjo,3).Untuk mengetahui apa saja yang menjadi permasalahan dalam upaya meningkatkan ekspor Kab. Sukoharjo, beserta tindak lanjutnya.

            Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari observasi langsung, serta wawancara langsung dengan sub bagian perdagangan luar negeri pada Disperindagkop & PM Sukoharjo, dan data pendukung lain dari literatur. Pembahasan dalam penelitian ini akan menggunakan metode diskriptif.

            Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & Penanaman Modal kabupaten Sukoharjo, sangatlah menetukan dalam menentukan pertumbuhan ekspor kab. Sukoharjo. Dan data menunjukkan bahwa perkembangan ekspor kab. Sukoharjo tahun 2006 mengalami kemajuan yang positif.

            Kemudian dari pembahasan penelitian ini dapat diajukan beberapa saran antara lain, 1) Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & Penanaman Modal kabupaten Sukoharjo agar meningkatkan kinerja  pelayanan dalam penerbitan dan perjinan, pengesahan dokumen ekspor khususnya kepada eksportir 2) Meningkatkan sosialisasi dalam menyampaikan informasi, 3) Meningkatkan hubungan kerjasama antar Instansi terkait.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supriyono
Catatan Umum : 6561/2007
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis