Penulis Utama : Lely Purnamasary
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Evaluasi prosedur & peranan retribusi izin mendirikan bangunan terhadap peningkatan pendapatan daerah tingkat II Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3400028-2003
Subyek : RETRIBUSI DAERAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan salah satu pos penerimaan retribusi daerah. Retribusi IMB dikenakan terhadap setiap pekerjaan mendirikan, merubah, merobohkan bangunan menurut peraturan daerah. Masalah yang akan dibahas dalam Tugas Akhir ini antara lain bagaimanakah tingkat ketaatan terhadap prosedur IMB (baik pemohon ataupun pelaksana), peranaan pemungutan retribusi IMB terhadap Pendapatan Daerah Sukoharjo, Cara penghitungan IMB yang benar, upaya peningkatan pelayanan retribusi IMB.

Kontribusi penerimaam IMB terhadap pendapatan daerah relatif kecil, besarnya dari tahun ketahun selalu tetap (belum terjadi peningkatan) bahkan pada tahun 2000 terjadi penurunan, disebabkan karena tingkat peningkatan retribusi IMB tidak sebanding dengan peningkatan peneriaman pendapatan daerah. Pendapatan daerah terdiri dari berbagai pos penerimaan daerah yang berbeda tingakt kemampuanya dalam meningkatkan pemasukan. Ketaatan pemohon terhadap prosedur kurang bagus terlihat dari banyaknya penolakan yang dilakukan oleh pihak DPU, ketaatan pelaksana terhadap prosedur sudah cukup bagus, surat peringatan diberikan bagi bangunan yang melanggar prosedur. Cara penghitungan retribusi IMB yang dilakukan pihak DPU sudah sesuai prosedur. Upaya peningkatan yang dilakukan pemerintah daerah cukup bagus, pengefektifan penyuluhan sudah berjalan, pemebrian fasilitas permohonan keringanan bagi yang keberatan dengan tarif yang ada.

Kekurangan yang peneliti temukan yaitu tidak adanya perekapan data yang valid mengenai besarnya jumlah permohonan IMB baik yang diterima atau ditolak sehingga menyulitkan peneliti dalam menganalisis pengaruh kenaikan atau penurunan banayknya pemohon terhadap besarnya penerimaan tiap tahun, kuangnya publikasi (papan ajakan membayar/mencari IMB) di tempat-tempat setrategis, sanksi yang ada (denda) belum diterapkan. Maka dengan ini penulis memberikan beberapa saran yaitu pengadaan rekapan data yang valid mengenai besarnya jumlah permohonan IMB baik yang diterima atau ditolak, perbanyak publikasi di tempat tempat strategis, sanksi yang ada perlu dipertegas guna mencapai tujuan yang diinginkan.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Evi Gantyowati, Msi, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis