Penulis Utama : Sri Haryanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh biaya saluran distribusi terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan iklan asin Mino Arto Cilacap
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200052-2004
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Berdirinya suatu perusahaan pada dasarnya mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya guna mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi akan banyak memberikan tantangan bagi para pengusaha dan akan memicu persaingan yang ketat dengan setiap pengusaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam usaha memaksimalkan laba dengan cara meningkatkan nilai penjualan. Ikan sebagai potensi sumber daya alam di daerah Cilacap dapat digunakan sebagai komoditas daerah. Hal ini terlihat dari semakin maraknya perdagangan komoditas ikan segar ataupun ikan awetan. Salah satu komponen dalam perdagangan produk ini adalah biaya distribusi. Penelitian ini membahas pengaruh biaya distribusi terhadap nilai penjualan, dengan penekanan pada:

1. Kebijakan distribusi yang dilakukan oleh perusahaan kan asin tersebut

2. Efisiensi pengeluaran biaya distribusi

3. Komponen biaya distribusi yang pengaruhnya paling dominan terhadap nilai penjualan

Berdasarkan permasalahan tersebut diatas maka peneliti mengambil judul ‘Pengaruh biaya saluran distribusi terhadap peningkatan nilai penjualan pada perusahaan ikan asin Mino Arto Cilacap ‘.Penelitian ini mengunakan teknik pengambilan data dengan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah efisiensi, regresi linier berganda, uji t, uji F.

Dari hasil analisis efisiensi menunjukan bahwa pengunaan biaya saluran distribusi langsung lebih efisien dibandingkan dengan saluran distribusi tidak langsung. Diperoleh hasil rata-rata pertahun untuk distribusi langsung dari tahun 1998-2002 yaitu sebagai berikut: 1,79% ; 1,9% ; 1,53% ; 1,42% ; 1,86% . Dan untuk hasil efisiensi biaya saluran distribusi tidak langsung yaitu sebagai berikut : 4,6% ; 5,2% ; 3,9% ; 2,84% ; 2,65%.

Dari analisis dengan program komputer SPSS 11.0 diperoleh sebagai berikut

Y = -72680649 + 43,938 X1 + 103,151 X2 , dengan demikian uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 22,664 dengan F tabel adalah 3,88. Sedangkan uji t diperoleh nilai t hitung X1 = 2,670 , X2 = 3,032 dan t tabel adalah 2,179 .

Kesimpulan dari hasil analisis ini adalah variabel distribusi secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan nilai penjualan. Ini terlihat pada nilai F hitung = 22,664 > F tabel = 3,88 dan besarnya t hitung = 2,670 (X1) > t tabel = 2,179 dan t hitung = 3,032 (X2) > t tabel = 2,179 .

Dari hasil penelitian ini, untuk meningkatkan nilai penjualan perusahaan ikan asin Mino Arto hendaknya selalu memperhatikan variabel distribusi karena dari hasil analisa terbukti bahwa saluran distribusi langsung mempunyai pengaruh lebih kuat terhadap peningkatan nilai penjualan dibandingkan distribusi tidak langsung.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Atmaji ,MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis