Penulis Utama : Muhammad Isni Akbar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis hubungan advertising value dengan sikap pemirsa pada iklan vaseline dan iklan head and shoulders
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299081-2004
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Advertising Value merupakan penilaian subyektif dari nilai atau kegunaan relatif dari iklan oleh konsumen, yang terdiri dari informativeness (kemampuan untuk memberikan informasi), entertainment (kemampuan memberikan hiburan), dan irritation (pengalaman negatif yang dirasakan dalam mengolah iklan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Advertising Value dengan sikap (yang terdiri dari tahap cognitive, affective, dan conative) dari iklan produk Vaseline dan iklan produk Head and Shoulders, serta untuk mengetahui variabel dari Advertising Value apa yang memiliki hubungan paling dominan dengan sikap pada kedua iklan tersebut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Advertising Value dari iklan Vaseline memiliki hubungan yang signifikan dengan sikap konsumen? (2) Apakah Advertising Value dari iklan Head and Shoulders memiliki hubungan yang signifikan dengan sikap konsumen? (3) Pada iklan Vaseline, variabel Advertising Value mana yang memiliki hubungan paling dominan dengan sikap konsumen? (4) Pada iklan Head and Shoulders, variabel dari Advertising Value mana yang memiliki hubungan paling dominan dengan sikap konsumen? Sedangkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Diduga terdapat hubungan yang signifikan antara Advertising Value dari iklan Vaseline dengan sikap konsumen. (2) Diduga terdapat hubungan yang signifikan antara Advertising Value dari iklan Head and Shoulders. (3) Diduga bahwa informativeness dari iklan Vaseline adalah variabel Advertising Value yang memiliki hubungan paling dominan dengan sikap konsumen. (4) Diduga bahwa informativeness dari iklan Head and Shoulders adalah variabel Advertising Value yang memiliki hubungan paling dominan dengan sikap konsumen.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif / hubungan dengan menggunakan metode survei. Populasi yang dipilih adalah Mahasiswi reguler angkatan 2000 sampai angkatan 2003 Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Surakarta yang pernah melihat iklan Vaseline dan iklan Head and Shoulders. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji chi-square dan uji koefisien kontingensi.

Dari hasil analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Advertising Value dengan sikap konsumen, walau tidak semua berhubungan. Variabel Advertising Value yang berhubungan dengan sikap konsumen pada iklan Vaseline adalah irritation dengan cognitive, irritation dengan affective, entertainment dengan conative, dan irritation dengan conative. Sedangkan pada iklan Head and Shoulders, yang berhubungan adalah entertainment dengan affective, irritation dengan affective, dan entertainment dengan affective. Dengan demikian hipotesis (1) dan (2) yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara Advertising Value dengan sikap konsumen pada dua iklan tersebut terbukti, walaupun tidak semua berhubungan. Sedangkan berdasarkan hasil uji koefisien kontingensi pada iklan Vaseline, diketahui bahwa hubungan yang paling dominan adalah irritation dengan cognitive dengan selisih nilai Chit dengan Cmaks terkecil (0,423). Pada iklan Head and Shoulders, hubungan yang paling dominan adalah entertainment dengan conative dengan selisih nilai Chit dengan Cmaks terkecil (0,484). Dengan demikian, hipotesis (3) dan (4) yang menyatakan bahwa informativeness adalah variabel Advertising Value yang memiliki hubungan paling dominan dengan sikap konsumen pada kedua iklan tersebut ditolak.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang diberikan oleh penulis adalah bahwa perusahaan sebaiknya menerapkan Integrated Marketing Communication untuk memaksimalkan pembentukan sikap positif dari konsumen, dimana untuk produk Vaseline dan Head and Shoulders, dapat digunakan promosi penjualan yaitu memberikan sampel gratis di pusat-pusat keramaian. Pada iklan Vaseline, iklan selanjutnya disarankan untuk tidak terlalu berlebihan atau mengada-ada. Sedangkan untuk iklan Head and Shoulders, iklan selanjutnya disarankan untuk lebih memiliki alur cerita yang lebih menarik perhatian konsumen (tidak hanya menceritakan tentang produk).

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhammad Cholil, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis