Penulis Utama : Sapto Agung Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Hubungan motivasi dan disiplin kerja dengan produktivitas kerja karyawan bagian finishing pengrajin mebel eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K1598040-2004
Subyek : MANAJEMEN SDM (PERSONALIA)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Ada tidaknya Hubungan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Finishing Pengrajin Mebel Eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri. 2) Ada tidaknya Hubungan Disiplin Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Finishing Pengrajin Mebel Eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri. 3) Ada tidaknya Hubungan Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Finishing Pengrajin Mebel Eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri.

Penelitian ini dilaksanakan di CV. Permata Tujuh Wonogiri bagian Finishing yang bergerak dalam bidang pembuatan mebel jalan Yudhistiro I Rt. 01/VII Wonokarto 57612 Wonogiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh karyawan bagian finishing yang berjumlah 70 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling dan besarnya sampel diambil dengan menggunakan aturan praktis dalam bentuk tabel oleh Krejcie dan Morgan dan didapatkan sampel sebanyak 59 orang. Sebagai pengumpul data motivasi kerja dan disiplin kerja menggunakan angket tertutup sedangkan produktifitas kerja diambil menggunakan metode observasi. Uji coba angket dilakukan pada sampel karyawan bagian produksi CV. Permata Tujuh Wonogiri sebanyak 20 orang dengan soal sebanyak 50 item/butir terdiri dari 25 butir variabel motivasi kerja dan 25 butir variabel disiplin kerja. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment, sedang uji reliabelitas menggunakan rumus alpha. Hasil uji validitas didapatkan 4 butir yang tidak valid dan yang valid 46 butir soal yaitu terdiri dari 24 butir soal variabel motivasi kerja dan 22 butir soal untuk variabel disiplin kerja. Dari hasil uji reliabelitas variabel motivasi kerja diperoleh r11 sebesar 0,894 dan variabel disiplin kerja diperoleh r11 sebesar 0,854. Sehingga keduanya termasuk dalam katagori tinggi. Uji persyaratan analisis yang dipergunakan adalah Chi-kuadrat untuk uji normalitas data, korelasi product moment untuk uji independent antara masing-masing variabel bebas, analisis varians untuk uji linieritas dan keberartian regresi sedangkan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan rumus korelasi product moment dengan skor deviasi dan teknik analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga.

Hasil penelitian dalam penelitian adalah 1) Ada hubungan positif antara motivasi kerja dengan produktifitas kerja karyawan bagian finishing pengrajin mebel eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri. Hal ini terbukti dengan diperolehnya harga rx1y = 0,388 yang lebih besar dari nilai rtabel pada taraf signifikansi 5%. Variansi produktifitas kerja yang dapat dijelaskan oleh motivasi kerja sebesar 13,5309%. Hal ini berarti faktor motivasi kerja ikut menentukan tingkat produktifitas kerja karyawan bagian finishing pengrajin mebel eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri. 2) Ada hubungan positif antara disiplin kerja dengan produktifitas kerja karyawan bagian finishing pengrajin mebel eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri. Hal ini terbukti dengan diperolehnya harga rx1y = 0,380 yang lebih besar dari nilai rtabel pada taraf signifikansi 5%. Variansi produktifitas kerja yang dapat dijelaskan oleh disiplin kerja sebesar 12,9124%. Hal ini berarti faktor disiplin kerja ikut menentukan tingkat produktifitas kerja karyawan bagian finishing pengrajin mebel eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri. 3) Ada hubungan positif antara motivasi kerja dan disiplin kerja dengan produktifitas kerja karyawan bagian finishing pengrajin mebel eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri. Hal ini terbukti dengan diperolehnya harga Fhitung = 10,06585 yang lebih besar dari nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5%. Variansi produktifitas kerja yang dapat dijelaskan oleh motivasi kerja dan disiplin kerja secara bersama sebesar 26,4433%. Hal ini berarti faktor motivasi kerja dan disiplin kerja ikut menentukan tingkat produktifitas kerja karyawan bagian finishing pengrajin mebel eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pengoptimalan motivasi kerja dan disiplin kerja pada karyawan bagian finishing pengrajin mebel eksport CV. Permata Tujuh Wonogiri dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawan bagian finishing.

Berdasarkan kesimpulan penelitian ini maka diharapkan kepada perusahaan untuk memberikan perhatian terhadap motivasi kerja karyawan agar bekerja lebih giat dan kedisiplinan kerja karyawan sehingga dapat dicapai produktifitas kerja yang optimal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Y. Soehardono, M.Pd
2. Drs. H. Soehardjono
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP