Penulis Utama : Sri Jumiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengembangan pemasaran pada industri kerajinan sangkar burung di desa Karangmalang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : 73 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200053-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu. Harapan bahwa pertumbuhan yang pesat dari sektor industri modern akan dapat menyelesaikan masalah kemiskinan dan pengangguran secara tuntas, ternyata masih pada rentang perjalanan yang panjang. Industri kecil dan industri rumah tangga memiliki posisi yang cukup baik dalam menghadapi masalah kesempatan kerja dan pengangguran di Indonesia

Industri rumah tangga adalah unit usaha dalam proses produksi yang mempekerjakan 1 sampai 9 orang, salah satu jenis indusri rumah tangga adalah industri kerajinan sangkar burung di Karang malang, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen. Industri kerajinan di Karang malang ini tidak banyak berarti apabila tidak mengikuti perkembangan pasar yang terus berubah. Untuk dapat mengikuti perkembangan pasar, maka industri kerajinan sangkar burung di Karang malang harus dapat mengatasi persoalan-persoalan di bidang pemasaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai pengembangan pemasaran pada industri kerajinan sangkar burung di Karang malang, yang meliputi pengembangan produk, penetapan harga, alat promosi dan saluran distribusi yang digunakan oleh pengrajin sangkar burung. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara pada 30 pengrajin yang dijadikan sampel.

Pengembangan pemasaran Industri kerajinan sangkar burung di Karang malang meliputi empat variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Dalam variabel produk, pengrajin melalui tiga tahapan yaitu perencanaan produk, pengembangan produk, dan persiapan sebelum penjualan produk. Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk memperoleh kombinasi produk dan pelayanannya, tujuan penetapan harga dari sebagian besar pengrajin adalah untuk meningkatkan penjualan. Alat promosi yang digunakan oleh pengrajin adalah periklanan melalui pemberian kartu nama, personal selling melalui penawaran produk pada orang baru, dan survei ke pasar-pasar burung, Sarana publisitas yang digunakan oleh pengrajin adalah melalui acara-acara pertemuan dan sarana promosi penjualan yang digunakan oleh pengrajin yaitu melalui pembukaan kios di pinggir jalan. Saluran distribusi yang banyak digunakan oleh sebagian besar pengrajin adalah saluran distribusi tidak langsung.

Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan pemasaran pada industri sangkar burung dinilai masih ada kekurangan, hal tersebut dilihat dari pengembangan produk, sebagian besar pengrajin belum memanfaatkan kreatifitas dalam mendesain produk, sebagian besar pengrajin hanya menjual produk secara tunai, pengrajin belum memberikan penjualan secara kredit. Sarana-sarana promosi belum dimanfaatkan secara efektif dan efisien.

Saran-saran yang penulis berikan adalah agar mempertahankan kualitas produk dan meningkatkan kreatifitas dalam mendesain produk, pengrajin harus kompak dalam menentukan harga produk agar usahanya sama-sama berjalan. Pelaksanaan promosi perlu ditingkatkan dan dengan mempertimbangkan biaya dan manfaat dari sarana promosi yang dilakukan agar produk yang dihasilkan lebih diketahui oleh masyarakat luas. Pengrajin harus selalu berhati-hati dalam memilih penyalur dan mempertahankan penyalur yang memberikan keuntungan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Atmaji, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis