Penulis Utama : Priyo Tri Atmojo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis persepsi konsumen terhadap strategi marketing mix pada berbagai kelas ruang inap di RSB Dentatama sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200086-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah tanggapan konsumen terhadap strategi marketing mix ( produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan fisik)  di RSB Dentatama Sragen dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap strategi marketing mix ( produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan fisik ) pada berbagai kelas ruang inap di RSB Dentatama Sragen.

            Berdasarkan tujuan diatas penulis merumuskan beberapa permasalahan yaitu bagaimanakah tanggapan konsumen terhadap strategi marketing mix ( produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan fisik)  di RSB Dentatama Sragen dan apakah terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap strategi marketing mix ( produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan fisik ) pada berbagai kelas ruang inap di RSB Dentatama Sragen. Hipotesis yang diajukan dari perumusan masalah tersebut adalah terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap strategi marketing mix ( produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan fisik ) pada berbagai kelas ruang inap di RSB Dentatama Sragen.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dimana data diperoleh dengan penyebaran  kuesioner kepada 100 responden. Populasi dalam objek penelitian ini adalah seluruh pasien yang pernah, sedang  dan berpotensi untuk melakukan rawat inap di RSB Dentatama Sragen. Metode pengambilan sampel yang digunakan  adalah metode Convenience Sampling  ( sampel yang dipilih karena mudah diperoleh ). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif melalui uji Chi-Square.

Melalui analisis deskriptif di dapat hasil bahwa secara umum produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan fisik di RSB Dentatama Sragen mendapat tanggapan yang baik dari konsumen. Dari analisis kuantitatif melalui uji Chi-Square, diperoleh hasil bahwa besarnya X2 hitung untuk analisis persepsi konsumen terhadap produk, harga, proses dan fisik pada berbagai kelas ruang inap di RSB Dentatama Sragen lebih besar dari besarnya X2 tabel = 7,815 maka diputuskan Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap produk, harga, proses dan fisik pada berbagai kelas ruang inap di RSB Dentatama Sragen. Hal ini berarti bahwa persepsi konsumen terhadap produk, harga, proses dan fasilitas fisik  di RSB Dentatama Sragen benar-benar dipengaruhi oleh kelas ruang inap dimana konsumen melakukan rawat inap. Sedangkan besarnya X2 hitung untuk analisis persepsi konsumen terhadap tempat, promosi dan orang pada berbagai kelas ruang inap di RSB Dentatama Sragen lebih kecil dari besarnya X2 tabel = 7,815 maka diputuskan Ho diterima dan Ha ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap tempat, promosi dan orang pada berbagai kelas ruang inap di RSB Dentatama Sragen. Hal ini berarti bahwa persepsi konsumen terhadap tempat, promosi dan orang  di RSB Dentatama Sragen tidak dipengaruhi oleh kelas ruang inap dimana konsumen melakukan rawat inap.

Berdasarkan analisis diatas maka dapat di berikan beberapa saran antara lain pihak RSB Dentatama Sragen harus tetap menerapkan srategi yang tepat baik untuk produk, harga, tempat, promosi, orang, proses maupun fisik, sehingga dapat memberikan rangsangan pada calon konsumennya dalam pengambilan keputusan penggunaan jasa rawat inap di RSB Dentatama Sragen, menerapkan Interactive Marketing Strategy dan RSB Dentatama Sragen harus melakukan evaluasi secara berkala sebagai suatu alat kontrol sekaligus sebagai masukan untuk penerapan strategi pengembangan rumah sakit yang lebih tepat.

 

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis