Penulis Utama : M. Sudrajad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Hubungan latar belakang keluarga dan motivasi kerja dengan minat berwiraswasta mahasiswa program studi PTB FKIP UNS angkatan 1998-2000
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2003
Kolasi : xvi, 64 hal.: ilus.;tab.
Sumber : UNS-FKIP NIM.K1598034-2003
Subyek : KEWIRASWASTAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ada tidaknya 1) Hubungan antara latar belakang keluarga dengan minat berwiraswasta, 2) Hubungan antara motivasi kerja dengan minat berwiraswasta, 3) Hubungan antara latar belakang keluarga dan motivasi kerja dengan minat berwiraswasta.

Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Sebelas Maret Surakarta pada mahasiswa Program Studi PTB FKIP Angkatan 1998-2000, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa Program Studi PTB FKIP Angkatan 1998-2000 yang berjumlah 116 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling dan diambil berdasarkan pada aturan praktis dalam bentuk tabel oleh Kerjcie dan Morgan dan didapatkan sampel sebanyak 86 mahasiswa. Teknik pengambilan data untuk variabel latar belakang keluarga, motivasi kerja, dan minat berwiraswasta, seluruhnya menggunakan angket tertutup, Sebelum angket dilakukan sebagai instrumen di uji cobakan dahulu dan di analisis untuk mengetahui validitas dan releabilitasnya. Uji coba angket diambil sisa dari populasi yang tidak dijadikan sampel penelitian yaitu sebanyak 30 mahasiswa. Angket latar belakang keluarga sebanyak 25 butir, angket motivasi kerja sebanyak 25 butir, dan angket minat berwiraswasta sebanyak 20 butir. Dari uji validitas diperoleh hasil untuk variabel latar belakang keluarga 22 item valid, untuk motivasi kerja 23 item valid dan untuk minat berwiraswasta 19 item valid. Sedangkan untuk uji releabilitasnya diperoleh angka releabel untuk variabel latar belakang keluarga sebesar r11= 0,863, variabel motivasi kerja sebesar r11= 0,956, variabel minat berwiraswasta sebesar r11= 0,948. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa semua variabel (X1, X2 danY) releabilitasnya sangat tinggi. Untuk menguji hipotesis sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linearitas dan ternyata masing-masing variabel berdistribusi normal (pada taraf signifikansi 5%). Perhitungan selanjutnya menunjukkan bahwa model regresi X1 dan X2 terhadap kriterium adalah linear dan berarti ke dua variabel bebas adalah independen dengan nilai probabilitas sebesar 0,223 lebih dari 0,05. Setelah pengujian persyaratan analisis terpenuhi baru dilakukan uji hipotesis.

Setelah dilakukan analisa data menghasilkan kesimpulan sebagai berikut (1) Ada hubungan yang positif antara latar belakang keluarga dengan minat berwiraswasta (koefisien korelasi sebesar 0,735, dengan taraf signifikansi koefisien korelasi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%)), (2) Ada hubungan yang positif antara motivasi kerja dengan minat berwiraswasta (koefisien korelasi sebesar 0,773, dengan taraf signifikansi koefisien korelasi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%)), 3) Ada hubungannya positif antara latar belakang keluarga dan motivasi kerja dengan minat berwiraswasta (Fhitung sebesar 64,181 dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena probabilitas (0,000) jauh lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%).

Untuk meningkatkan minat berwiraswasta mahasiswa program studi PTB FKIP UNS angkatan 1998-2000 berikut ini disampaikan saran-saran sebagai berikut, antara lain : (1) Kepada lembaga yang bersangkutan diharapkan untuk selalu menumbuhkan minat berwiraswasta pada diri mahasiswa, dengan mempunyai latar belakang keluarga yang baik dan motivasi kerja yang tinggi dapat meningkatkan minat berwiraswasta mahasiswa. (2) Guna membantu menemukan cara yang terbaik dalam meningkatkan minat berwiraswasta, kiranya perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menemukan faktor-faktor lain yang berhungan dengan minat berwiraswasta. (3) Kepada mahasiswa diharapkan mempunyai minat berwiraswasta yang baik untuk menyongsong masa depannya, misalnya dengan jalan aktif membaca buku-buku pengetahuan kewiraswastaan, mengikuti seminar-seminar kewiraswastaan dan lain sebagainya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutrisno, MPd
2. Drs. Suradji., MPd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP