Penulis Utama : Verdila Prida Ratna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Perancangan tempat pengaduk pewarnaan handuk berdasarkan aspek ergonomi pada perusahaan handuk Lumintu
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2007
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I.0302611-2007
Subyek : ERGONOMI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK

Perusahaan handuk lumintu adalah perusahaan yang memproduksi kain handuk, sapu tangan, dan keset. Perusahaan ini masih dalam tahap perkembangan dan masih tradisional. Alat – alat yang digunakan dalam proses produksi perusahaan ini masih menggunakan peralatan yang manual dan sederhana. Salah satu contoh pada stasiun pewarnaan. Sistem kerja yang dilakukan operator pada stasiun pewarnaan ini dilakukan dengan menggunakan tangan dengan posisi tubuh membungkuk.

Sehubungan dengan masalah diatas sebaiknya diadakan perbaikan metode kerja melalui perancangan alat berupa tempat pengaduk pewarnaan sesuai dengan prinsip ergonomi. Adapun yang dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut dengan melakukan studi literatur tentang ergonomi, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data yang terdiri dari data kondisi dan sistem kerja yang ada, seperti , data antropometri dan keluhan yang terjadi pada tubuh operator sebelum adanya perancangan alat.

Data tersebut diolah melalui pengujian data yang diawali dari uji kecukupan, uji keseragaman dan uji kenormalan data. Setelah dilakukan pengujian kemudian dilakukan perhitungan persentil untuk menentukan dimensi dari perancangan tempat pengaduk tersebut. Dari hal tersebut kemudian diadakan perancangan tempat pengaduk pewarnaan handuk.

Berdasarkan pengolahan data tersebut maka dapat ditentukan dimensi perancangan tempat pengaduk sebagai berikut. Tempat pengaduk terdiri dari tempat penampungan yang mempunyai dimensi 100 cm x 100 cm x 60 cm. Alat pengaduk yang terdiri dari handel dengan tinggi 70 cm dan berdiameter 3,8 cm kemudian gigi pengaduk dengan panjang 40 cm. Selain perancangan tempat pengaduk juga dirancang kursi sebagai alat pendukung yang mempunyai dimensi tinggi kursi 43 cm, lebar kursi 45 cm, panjang alas kursi 42 cm dan tinggi sandaran punggung 20 cm.

Dengan adanya rancangan tempat pengaduk pewarnaan yang dilengkapi dengan kursi yang baru dan sesuai prinsip ergonomi, diharapkan dapat mengurangi adanya keluhan kelelahan pada operator. Sehingga operator dapat merasa nyaman pada saat bekerja sehingga dapat menambah produktifitas kerja.

File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Suhardi, ST, MT
2. Rahmaniyah Dwi Astuti, ST, MT
Catatan Umum : 6407/2007
Fakultas : Fak. Teknik