Penulis Utama : Azamat Agus Sampurna
NIM / NIP : G0011047
×

Latar Belakang: Kecemasan adalah fenomena biasa yang dialami oleh setiap manusia. Kecemasan dapat dialami oleh siapapun, termasuk juga oleh para siswa di sekolah. Program pendidikan akselerasi merupakan salah satu program pendidikan yang terdapat di Sekolah Menengah Atas. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa yang memiliki kemampuan dan bakat istimewa. Namun tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa program akselerasi justru membuat siswa tertekan dan mengalami kecemasan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling untuk siswa program akselerasi dan cluster random sampling untuk siswa program reguler. Penelitian ini menggunakan 58 sampel dengan kriteria siswa program reguler dan akselerasi SMA Negeri 3 Surakarta yang resmi masih terdaftar serta bersedia menjadi responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner LMMPI untuk menilai kejujuran pengisian kuesioner, formulir biodata, dan kuesioner Taylor Manifest Anxiety Scale (TMAS) untuk menilai kecemasan. Data yang diperoleh kemudian diuji analisis menggunakan Chi Square dengan perangkat lukan Statistical Product and Servise Solution (SPSS) 21.0 for Windows.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa program akselerasi terdapat 26 siswa mengalami kecemasan dan 3 siswa lainnya tidak mengalami kecemasan. Sedangkan pada siswa program reguler terdapat 19 siswa yang mengalami kecemasan dan 10 siswa tidak mengalami kecemasan. Pada uji Chi-Square didapatkan p = 0.028, menunjukkan adanya perbedaan kecemasan secara bermakna pada kedua kelompok penelitian.
Simpulan: Terdapat hubungan antara program pendidikan siswa dengan tingkat kecemasan di SMA Negeri 3 Surakarta, di mana siswa program akselerasi lebih cemas dibandingkan dengan siswa program reguler.
Kata kunci: Program pendidikan akselerasi, Kecemasan

×
Penulis Utama : Azamat Agus Sampurna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011047
Tahun : 2014
Judul : Hubungan Antara Program Pendidikan Siswa dengan Tingkat Kecemasan di SMA Negeri 3 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS - F. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran - G0011047 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Much Syamsulhadi, dr. SpKj (K)
2. Prof. Dr. Hartono, dr., MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.