Penulis Utama : Auliya Rachmadiyani Ulfah
NIM / NIP : R1113007
×

Latar Belakang: Usia bayi merupakan periode penting yang rentan terjadi infeksi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pemberian makanan tambahan dini dengan kejadian diare pada bayi usia 0-6 bulan.
Metode: Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebesar 110 bayi usia 0 – 6 bulan di Puskesmas Ngoresan Surakarta dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan panduan wawancara untuk memperoleh data pemberian makanan tambahan dan frekuensi diare bayi. Teknik analisis data menggunakan chi square.
Hasil: Sebagian besar ibu tidak memberikan makanan tambahan dini yaitu sebesar 61,8% dan bayi tidak mengalami kejadian diare yaitu sebesar 58,2%, namun terdapat bayi usia 0 – 6 bulan yang diberi makanan tambahan dini tidak mengalami diare yaitu yaitu 16 responden (14,6%) serta bayi usia 0 – 6 bulan yang tidak diberi makanan tambahan dini tetapi mengalami diare sebanyak 20 responden (41,8%).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian makanan tambahan dini dengan kejadian diare pada bayi usia 0 – 6 bulan (p = 0,001).
Kata Kunci : pemberian makanan tambahan dini, kejadian diare, bayi usia 0 – 6 bulan.

×
Penulis Utama : Auliya Rachmadiyani Ulfah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1113007
Tahun : 2014
Judul : Hubungan Antara Pemberian Makanan Tambahan Dini dengan Kejadian Diare pada Bayi Usia 0 – 6 Bulan di Puskesmas Ngoresan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2014
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prodi D IV Bidan Pendidik-R1113007-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widardo, M.Sc
2. Suhanantyo, drg.M.Si. Med
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.