Penulis Utama : Bhanu Putra Bumi
NIM / NIP : I0410013
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perilaku dinamik handling pada kendaraan roda tiga melalui pengujian U-Turn dan perhitungan Slip Angle menggunakan metode kalkulasi quasi dinamik. Reverse Trike memiliki panjang wheelbase (L) 1,14 m, lebar Trackwidth (tf) 0,81 m, jarak suspensi roda depan (bf), dan Ground Clearance 0,11 m. Pengujian dimulai dari penimbangan
kendaraan untuk mendapatkan berat rata-rata roda depan (Wf), berat roda belakang (Wr), dan berat total kendaraan (Wt). Kemudian dilakukan pengujian maneuver U-Turn dengan variasi kecepatan dari 20 km/jam sampai 50 km/jam.
Analisis perhitungan dilakukan dengan mempertimbangkan Transfer Load yang terjadi pada kendaraan yang sedang melakukan maneuver. Pengereman mengakibatkan adanya momen rolling, gaya sentrifugal karena maneuver kendaraan mengakibatkan adanya momen pitching, dan percepatan kendaraan mengakibatkan adanya gaya hambat. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain kendaraan Reverse Trike mengalami perilaku Oversteer pada saat melakukan gerak maneuver. Hal ini ditunjukan dengan nilai index understeer (Kus). Rata-rata nilai Kus pada kecepatan 20 km/jam adalah -4,33. Pada kecepatan 30 km/jam adalah -2,68. Pada kecepatan 40 km/jam adalah -2,04. Dan pada kecepatan 50 km/jam adalah -1,58.
Kata Kunci: Reverse Trike, Model Handling, slip angle, transfer load, dynamic
centre of gravity

×
Penulis Utama : Bhanu Putra Bumi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0410013
Tahun : 2015
Judul : Analisa Dynamic of Handling Kendaraan Reverse Trike Ditinjau dari Pergeseran Center of Grafity (CG)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS - F. Teknik Jur. Teknik Mesin - I0110089 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, ST., MT.
2. R. Lulus Lambang G Hidayat, ST., MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.