Penulis Utama : Daniel Satyo Nurcahyo
NIM / NIP : G0011061
×

Latar Belakang: Asistensi merupakan salah satu metode pembelajaran yang membantu dalam pembelajaran keterampilan klinis. Asistensi memberikan manfaat bukan hanya untuk pesertanya namun juga bagi pemberi asistensinya juga. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh asistensi terhadap nilai OSCE.
Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan menggunakan metode cross sectional yang dilaksanakan pada November - Desember 2014 pada Mahasiswa Pendidikan Dokter angkatan 2013. Pengambilan sampel dilakukan secara total population sampling, dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Diperoleh data
sebanyak 117 subjek penelitian dan analisis data menggunakan uji Spearman.
Hasil Penelitian: Berdasarkan uji Spearman, penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna dari faktor asistensi frekuensi dan motivasi mengikuti asistensi terhadap nilai OSCE, dimana nilai pfrekuensi = 0,002 dan pmotivasi = 0,006 (< 0,05).
Simpulan Penelitian: Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna dari asistensi terutama faktor frekuensi dan motivasi mengikuti asistensi terhadap nilai OSCE.
Kata Kunci: Asistensi, skills lab, Objective Structured Clinical Examination

×
Penulis Utama : Daniel Satyo Nurcahyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011061
Tahun : 2014
Judul : Hubungan Asistensi Skills Lab dengan Nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS - F. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran - G0011061 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jarot Subandono, dr., M.Kes
2. Lilik Wijayanti, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.