Penulis Utama : Abu Rizal Afiat
NIM / NIP : K5410002
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui kinerja gabungan kelompok tani di Kecamatan Salaman, 2) mengetahui trend hasil produksi komoditas perkebunan di Kecamatan Salaman, dan 3) mengetahui tingkat kesejahteraan pekebun di Kecamatan Salaman.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan keruangan. Keajegan data dalam penelitian ini dipertahankan menggunakan scoring system. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh gapoktan di Kecamatan Salaman. Sampel gapoktan sebanyak 6 dan sampel pekebun sebanyak 60. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data untukmengetahui kinerja dan tingkat kesejahteraan adalah teknik scoring. Teknik analisis komparasi digunakan untuk mengetahui trend hasil produksi komoditas perkebunan.
Hasil penelitian adalah : 1) Terdapat 3 kelas kinerja gapoktan yang mengusahakan komoditas perkebunan di Kecamatan Salaman yaitu kinerja madya sebanyak 4 gapoktan, pemula sebanyak 1 gapoktan, dan kinerja utama sebanyak 1 gapoktan. 2) Trend hasil produksi komoditas perkebunan meningkat di 5 desa dan menurun di 1 desa. 3) Tingkat kesejahteraan pekebun terbagi menjadi 3 kategori, yaitu kesejahteraan sedang sebanyak 33 pekebun, kesejahteraan rendah sebanyak 16 pekebun, dan kesejahteraan tinggi sebanyak 11 pekebun.


Kata kunci : gapoktan, kinerja, trend hasil produksi, kesejahteraan, pekebun

 

×
Penulis Utama : Abu Rizal Afiat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5410002
Tahun : 2014
Judul : Dampak Kinerja Gabungan Kelompok Tani Terhadap Trend Hasil Produksi Komoditas Perkebunan dan Tingkat Kesejahteraan Pekebun di Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Tahun 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP Jurusan Pendidikan Geografi - K5410002 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd
2. Rita Noviani, S.Si, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.