Penulis Utama : Dhiyas Fatin Nuha
NIM / NIP : K3310024
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi laboratorium terhadap pembelajaran kimia SMA. Kontribusi laboratorium terhadap pembelajaran kimia SMA adalah sumbangan laboratorium terhadap keberjalanan proses pembelajaran kimia  di SMA, sehingga dapat diperoleh data yang mendalam dan dapat menggambarkan realita yang terjadi di lapangan.
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif. Data yang berasal dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumen resmi lainnya. Sampel penelitian adalah tiga SMA di Kota Surakarta yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi tidak langsung, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji validitas kepercayaan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selain diuji validitas kepercayaannya, juga diuji validitas keteralihan, kebergantungan dan kepastian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium memberikan  kontribusi terhadap pembelajaran kimia SMA yaitu mempermudah mencapai kompetensi pengetahuan, keterampilan dan membentuk karakter siswa.


Kata kunci: Kontribusi, Laboratorium, Pembelajaran Kimia

×
Penulis Utama : Dhiyas Fatin Nuha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3310024
Tahun : 2014
Judul : Kontribusi Laboratorium Terhadap Pembelajaran Kimia SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jurusan Pendidikan MIPA, Pendidikan Kimia-K3310024-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Haryono, M.Pd.
2. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.