Penulis Utama : Mohammad Isnaini
NIM / NIP : S831108040
×

 

Mohammad Isnaini. 2014. Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kooperatif menggunakan TPS (Think Pair and Share) dan TAI (Team Assisted Individualization) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir dan Interaksi Sosial Pembimbing I: Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Nonoh Siti  Aminah, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

ABSTRAK

 

Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran pada lembaga pendidikan khususnya di madrasah masih rendahnya siswa berpartisipasi dalam aktivitas belajar sehingga belum bisa mencapai hasil akhir belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran TPS dan TAI, kemampuan berpikir siswa, dan interaksi sosial belajar siswa serta interaksi-interaksinya terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa.

Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah (MA) SAKTI Ngebel Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013, Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas. Pembelajaran pada kelas eksperimen 1 yaitu kelas XA menggunakan TPS dan pada kelas eksperimen 2 adalah kelas XB menggunakan  TAI. Teknik pengumpulan data menggunakan  tes untuk data prestasi belajar dan kemampuan berpikir, kemudian untuk angket untuk data interaksi sosial dan prestasi afektif siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2 dengan mengunakan SPSS 19.

Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: 1) pembelajaran dengan  TPS mempunyai prestasi belajar kognitif lebih tinggi dari TAI, 2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir konkret dan abstrak terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif  siswa, 3) siswa yang interaksi sosial tinggi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar afektif dari pada siswa yang interaksi sosial rendah, 4) tidak ada interaksi yang signifikan antara kemampuan berpikir dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar ranah kognitif, afektif siswa, 5) tidak ada interaksi yang signifikan antara pembelajaran menggunakan TPS dan TAI dengan interaksi sosial terhadap prestasi belajar siswa; 6) ada interaksi yang signifikan antara kemampuan berpikir dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar afektif siswa, 7) TPS dan TAI, kemampuan berpikir dan interaksi sosial  tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif.

 

Kata kunci:     Pembelajaran Kooperatif, TPS, TAI, Kemampuan Berpikir, Interaksi Sosial

×
Penulis Utama : Mohammad Isnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831108040
Tahun : 2015
Judul : PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN TPS (THINK PAIR AND SHARE) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR DAN INTERAKSI SOSIAL
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains S831308040-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd
2. Dr.Nonoh Siti Aminah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.