Penulis Utama : Emmanuel Putro Prakoso
NIM / NIP : S011302004
×

Emmanuel Putro Prakoso. S011302004. 2015. KOMODIFIKASI KARYA SENI GRAFIS SRI MARYANTO, BAYU WIDODO DAN MUHAMAD YUSUF DI YOGYAKARTA. TESIS. Pembimbing 1 Dr. Nooryan Bahari, M.Sn., dan Pembimbing 2 Dr. Sarah Rum Handayani P, M.Hum. Program Studi Seni Rupa, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Seni grafis di Yogyakarta merupakan salah satu media ekspresi diri yang memiliki karakter visual yang khas dan unik. Karya seni grafis di Yogyakarta dalam penelitian ini diposisikan sebagai sebuah objek yang dapat dianalisa untuk dijadikan tolok ukur keberadaan praktik komodifikasi di kota tersebut. Fenomena komodifikasi seni grafis harus dipahami dan dipandang sebagai sebuah proses perubahan nilai guna suatu barang menjadi nilai tukar (jual) dimana perubahan ini ditentukan melalui sebuah mekanisme harga.
Penelitian ini dilakukan dalam ranah ilmu Seni Rupa dengan metode kualitiatif dan teknis analisis data secara deskriptif yang menggunakan strategi studi kasus agar dapat menangkap fenomena di lapangan yang kemudian dikaji lebih mendalam, detail, intensif dan komperehensif melalui pendekatan hermeneutik. Di dalam penelitian ini teori Komodifikasi dari Walter Benjamin diposisikan sebagai teori utama untuk menjawab ketiga rumusan masalah penelitian yang dalam penggunaannya dibantu dengan teori Psikologi Kepribadian dan Ekonomi Mikro yang digunakan secara elektik.
Berdasarkan penelitian komodifikasi karya seni grafis, diperoleh hasil penelitian bahwa telah terjadi komodifikasi seni grafis di Yogyakarta yang ditandai perubahan fisik dan non fisik dari karya grafis yang dilatarbelakangi oleh faktor dorongan psikologis dan kebutuhan ekonomi yang dalam proses terjadinya meliputi aspek ide penciptaan produk, penentuan teknis produksi, penentuan jenis produk yang dicetak, penentuan jumlah barang yang diproduksi, proses produksi, penentuan harga produk, mpenentuan strategi pemasaran dan strategi penjualan produk. Penelitian ini mempunyai implikasi teoritis dan praktis. Hasil studi ini akan memperkaya teori komodifikasi, teori psikologi kepribadian dan teori ekonomi mikro secara umum serta praktik komodifikasi pada karya seni grafis dapat dimungkinkan terjadi atas dasar tujuan komersil.
Kata Kunci: Komodifikasi, Seni Grafis, Yogyakarta, Psikologi Kepribadian, Ekonomi Mikro

×
Penulis Utama : Emmanuel Putro Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S011302004
Tahun : 2015
Judul : KOMODIFIKASI KARYA SENI GRAFIS SRI MARYANTO, BAYU WIDODO DAN MUHAMAD YUSUF DI YOGYAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Seni Rupa S011302004-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nooryan Bahari, M.Sn
2. Dr. Sarah Rum Handayani, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.