Penulis Utama : Nadhif Dwi Saputra
NIM / NIP : S441302010
×

Nadhif Dwi Saputra. S441302010. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Krama Dengan Metode  Fishbowl Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 3 Mejayan Kabupaten Madiun. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Minat Utama Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd., Pembimbing II: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara krama siswa. Peserta didik cenderung kurang tertarik terhadap pembelajaran, sedangkan guru masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbicara krama dan meningkatkan keterampilan berbicara krama siswa kelas VII G SMPN 3 Mejayan melalui penerapan metode fishbowl.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian siswa dan guru kelas VII G SMPN 3 Mejayan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kajian dokumen dan tes. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode fishbowl dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbicara krama siswa ditandai meningkatnya kinerja siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan metode fishbowl dapat meningkatkan kemampuan berbicara krama siswa kelas VII G SMPN 3 Mejayan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama dua siklus. Pada siklus I siswa tuntas memperoleh nilai di atas KKM (75) meningkat menjadi 19 siswa atau sebesar (68%) dengan nilai rata-rata 74, 5. Pada siklus II ada 26 siswa (89%) yang sudah tuntas, dengan nilai rata-rata 84,6.Pada siklus II ini pencapaian nilai baik secara kualitas proses (kinerja siswa) maupun hasil telah mencapai ketuntasan yang lebih dari 80%. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbicara krama dengan menggunakan metode fishbowl dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbicara krama dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara krama

×
Penulis Utama : Nadhif Dwi Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441302010
Tahun : 2015
Judul : PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA DENGAN METODE FISHBOWL PADA SISWA KELAS VII G SMPN 3 MEJAYAN KABUPATEN MADIUN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Bahasa Indonesia S441302010-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
2. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.