Penulis Utama : Joko Sunarso
NIM / NIP : A121308066
×

 

Joko Sunarso, A 121308066.2015 Pengaruh Umpan Balik dengan Alat Bantu Audio-Visual dan Umpan Bali Langsung terhadap Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Bolabasket Ditinjau dari Persepsi Kinestetik (Studi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 2 Sragen). Tesis, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing (1) Prof.Dr.Sugiyanto (2) Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.

 

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar yang belum optimal sehingga perlu diberikan umpan balik. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui  mengenai:1.Perbedaan pengaruh antara penerapan umpan balik menggunakan alat bantu audio-visual dan umpan balik langsung (live feedback) terhadap peningkatan hasil belajar  keterampilan   bolabasket. 2.Perbedaan pengaruh peningkatan hasil belajar keterampilan  bolabasket  antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan persepsi kinestetik baik, sedang, dan kurang. 3.Di antara variabel-variabel penerapan umpan balik dan persepsi kinestetik, variabel mana sajakah yang memiliki pengaruh interaksi terhadap peningkatan hasil belajar  keterampilan   bolabasket.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, dengan rancangan factorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas 8 SMP Negeri 2 Sragen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposiv random sampling besarnya sampel  60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Tes Persepsi Kinestetik menggunakan Distance Perception Jump, Vertical Linear Space Test dan Bass stick Test. Tes Ketrempilan Bolabasket menggunakan tes AAHPERD basket test dari Bradford dan Rolayne W. Teknik Analisi data menggunakan analisis Varian (ANAVA) dua jalan.

Hasil penelitian menunjukkan pada siswa yang mendapatkan umpan balik audio-visual mempunyai peningkatan hasil belajar keterampilan bolabasket yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang menggunakan umpan balik langsung. Pada kelompok siswa yang mempunyai persepsi kinestetik baik mempunyai peningkatan hasil belajar keterampilan bolabasket yang lebih baik daripada kelompok siswa dengan persepsi kinestetik sedang maupun kurang. Ada interaksi antara persepsi kinestetik dan keterampilan bolabasket.

Kesimpulan: ada perbedaan yang signifikan antara umpan balik dengan alat bantu audio-visual dengan umpan balik langsung dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan bolabasket. Ada perbedaan yang signifikan antara persepsi kinestetik baik, sedang dan kurang terhadap hasil belajar keterampilan bolabasket. Ada interaksi yang signifikan antara umpan balik dan persepsi kinestetik

×
Penulis Utama : Joko Sunarso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121308066
Tahun : 2015
Judul : PENGARUH UMPAN BALIK DENGAN ALAT BANTU AUDIO-VISUAL DAN UMPAN BALIK LANGSUNG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLABASKET DITINJAU DARI PERSEPSI KINESTETIK (Studi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 2 Sragen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Ilmu Olahraga A121308066-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.