Penulis Utama : Winanti Retno Kawuri
NIM / NIP : S4111091
×

ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL

TERHADAP RISIKO LIKUIDITAS PADA

SEKTOR PERBANKAN

(Studi pada Bank Konvensional dan Bank Syariah di Indonesia)

 

WINANTI RETNO KAWURI

S4111091

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji model yang diharapkan dapat digunakan untuk memprediksi perusahaan perbankan terkait masalah risiko likuiditas. Penelitian ini menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio  (CAR), Return On Assets (ROA), Return On Equity  (ROE),  dan  Net Interest Margin (NIM) terhadap  Risiko Likuiditas (RL). Penelitian juga menganalisis perbedaan risiko likuiditas antara bank konvensional dan bank syariah. Target populasi penelitian adalah bank konvensional dan bank syariah yang terdaftar dalam direktori perbankan Indonesia tahun 2007-2011. Setelah melewati tahap purposive sample, maka sampel yang layak digunakan bank konvensional sebanyak 20 bank sedangkan sampel yang diambil bank syariah adalah 3 bank.

Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pada bank konvensional, variabel CAR dan ROE memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap RL, variabel ROA memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap RL, serta NIM tidak signfikan. Sementara pada bank syariah variabel CAR memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap RL. Variabel ROA, ROE, dan NIM tidak signifikan. Selanjutnya, berdasar uji chow hanya variabel NIM yang menunjukkan tidak ada perbedaan risiko likuiditas antara bank konvensional dan bank syariah

×
Penulis Utama : Winanti Retno Kawuri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S4111091
Tahun : 2015
Judul : ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP RISIKO LIKUIDITAS PADA SEKTOR PERBANKAN (Studi pada Bank Konvensional dan Bank Syariah di Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Manajemen S4111091-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Asri laksmi Riani, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.