Penulis Utama : Devi Ratnasari
NIM / NIP : K5410014
×

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui daya dukung lahan berdasarkan ketersediaan dan kebutuhan lahan DAS Jlantah Hulu (2) Mengetahui tingkat kesejahteraan keluarga di DAS Jlantah Hulu (3) Mengetahui hubungan daya dukung lahan terhadap tingkat kesejahteraan keluarga di DAS Jlantah Hulu Tahun 2014 (4) Mengetahui implementasi kajian daya dukung lahan dan tingkat kesejahteraan keluarga pada pembelajaran geografi.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan spasial. Unit analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah satuan lahan dan administrasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan, analisis dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui status daya dukung lahan adalah dengan membandingkan ketersediaan lahan dan kebutuhan lahan. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan keluarga adalah dengan melakukan pencocokan parameter penentu tingkat kesejahteraan keluarga Teknik analisis data untuk mengetahui hubungan daya dukung lahan dan tingkat kesejahteraan keluarga adalah dengan menggunakan tabel silang.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) DAS Jlantah Hulu mempunyai 2 desa dengan status daya dukung lahan surplus dan 6 desa dengan status daya dukung defisit. (2) Berdasarkan tingkat kesejahteraan keluarga, di DAS Jlantah Hulu terdapat 29 keluarga (41,4%) dengan tahapan Keluarga Sejahtera I, 24 keluarga (34,3%) dengan tahapan Keluarga Sejahtera II, dan 17 keluarga (24,3%) dengan tahapan Keluarga Sejahtera III.  (3) Daya dukung lahan dan tingkat kesejahteraan keluarga di DAS Jlantah Hulu mempunyai hubungan berbanding lurus, daya dukung lahan surplus diikuti tingkat kesejahteraan keluarga tahap II, III dan daya dukung lahan defisit diikuti tingkat kesejahteraan keluarga tahap I. (4) Implementasi kajian daya dukung lahan dan tingkat kesejahteraan keluarga DAS Jlantah Hulu adalah untuk pengayaan materi pembelajaran geografi SMA kelas XI semester II pada materi pokok kearifan dalam pemanfaatan sumberdaya alam.  Kata Kunci : Daya dukung lahan, kesejahteraan keluarga, dan pembelajaran      geografi.

×
Penulis Utama : Devi Ratnasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5410014
Tahun : 2014
Judul : Analisis Daya Dukung Lahan dan Tingkat Kesejahteraan Keluarga di Daerah Aliran Sungai Jlantah Hulu Kabupaten Karanganyar Tahun 2014 (Implementasi Untuk Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Kelas Xi Semester Ii pada Materi Pokok Kearifan dalam Pemanfa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi - K5410014 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Inna Prihartini, M. S,
2. Rahning Utomowati, S.Si, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.