Penulis Utama : Nanik Nurharyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Kondisi persaingan pada pengusaha kecil mebel dilihat dari segi harga, kualitas & supplier dilingkungan Bibis Kulon Ngemplak Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200038-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dewasa ini kualitas mulai lebih dipentingkan dari pada kuantitas . Kualitas yang lebih baik bisa berakibat menarik konsumen dan menciptakan konsumen yang setia. Tapi tidak semua konsumen yang datang di Lingkungan pasar mebel Ngemplak Surakarta mementingkan kualitas. Asalkan mendapat barang murah dengan kualitas yang biasa saja, konsumen tersebut mau menerima.

Meskipun begitu diharapkan para pengusaha kecil mebel di Lingkungan itu , menciptakan produk yang berkualitas baik dan penetapan harga yang sesuai dengan kualitas sehingga dengan sendirinya akan dapat bersaing dipasar.

Banyaknya penguasaha kecil mebel di Lingkungan Bibis Kulon Ngemplak Surakarta yang bergerak dalam usaha yang sama secara otomatis tercipta persaingan diantaranya. Baik persaingan sehat maupun tidak sehat. Keadaan ini mengharuskan para pengusaha menghasilkan produk kualitas tinggi. Selain itu pengusaha juga harus pintar-pintar dalam memilih produk bahan baku dari supplier, agar dihasilkan produk akhir yang berkualitas bagus.

Kondisi persaingan pengusaha kecil mebel di lingkungan Bibis Kulon Ngemplak Surakarta pada segi harga berbeda-beda dalam penetapannya. Harga yang diberikan pada tengkulak atau pelanggan dan konsumen akhir masing-masing pengusaha berbeda antara pengusaha satu dengan pengusaha lainnya. Persaingan harga yang sering terjadi dari para pengusaha disini adalah persaingan “perang harga” untuk memperoleh konsumen akhir.

Kualitas yang diciptakan dari tiap-tiap pengusaha berbeda-beda tergantung dari tingkat keahlian dan ketelitian dari karyawan dalam memproses produk bahan baku dan juga tingkat ketelitian pengusaha untuk memperoleh produk bahan baku yang baik.

Kondisi pasar yang ramai menimbulkan permintaan yang tinggi dari pengusaha terhadap produk bahan baku dan mengakibatkan supplier memberikan harga yang setinggi-tingginya. Permintaan yang tinggi tersebut menimbulkan kompetisi diantara para pengusaha untuk memperoleh produk bahan baku lebih dulu.

Kondisi pasar yang tidak terlalu ramai menimbulkan perilaku para supplier untuk menawarkan produk bahan baku pada para pengusaha. Hal ini kadang tidak menguntungkan bagi supplier karena pengusaha bisa memberi harga yang rendah.

Bagaimanapun bentuk persaingan yang terjadi pada para pengusaha kecil mebel di Lingkungan Bibis Kulon Ngemplak Surakarta diharapkan pengusaha tersebut mampu bertahan dalam kancah perdagangan industri kecil mebel.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs Imam Mahdi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis