Penulis Utama : Allouisius Tanamera Narasetya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0310004
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Ukuran Perusahaan,Corporategovernance, Dan Kompensasi Bonus Terhadappraktik Manajemen Laba(Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2008-2012)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi - F0310004 - 2015
Subyek : MANAJEMEN LABA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan,corporate governance, dan kompensasi bonus terhadap manajemen laba. Indikator untuk mengukurcorporate governanceadalah ukuran dewan direksi,tenuredireksi, kepemilikan manajerial, dan kualitas audit. Sedangkan manajemen laba diukur menggunakandiscretionary accrualmodel Dechow et al(1995).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar diBursa Efek Indonesia pada 2008-2012. Sampel dipilih menggunakan tehnik purposive sampling sejumlah 20 perusahaan manufaktur per tahun. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisa regresi.Hasil penelitian menunjukkan  ukuran perusahaan dantenuredireksisecara signifikan berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan kepemilikanmanajerial signifikan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Hasil lainmencatatkan bahwa ukuran dewan direksi, kualitas audit, dan kompensasi bonustidak berpengaruh  terhadap manajemen laba.Kata Kunci:Manajemen laba,ukuran perusahaan,corporate governance,kompensasi bonus, perusahaan manufaktur.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
IMAGE0001.JPG
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Agus Budiatmanto,M.Si.,Ak,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis