Penulis Utama : Erny Prasetyaningsih
NIM / NIP : S431302008
×

PENGARUH KARAKTERISTIK KEUANGAN DAERAH DAN TEMUAN AUDIT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH PADA PEMERINTAH DAERAH SE-INDONESIA

 

Erny Prasetyaningsih,  S.E

NIM.  S431302008

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik keuangan daerah dan temuan audit terhadap kinerja pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat pada pemerintah daerah se-Indonesia.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah Pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia sebanyak 489 kabupaten/kota. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk menguji hubungan antar variabel dalam penelitian ini.

Pengujian dilakukan menggunakan model regressi dengan 4 variabel penelitian yang terdiri dari 3 variabel independen dan 1 variabel dependen. Variabel independen terdiri dari kekayaan pemerintah daerah, belanja pemerintah daerah dan temuan audit. Adapun variabel independen adalah kinerja pemerintah yang diproksikan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat. Hasilnya pengujian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari karakteristik keuangan daerah pada variabel Total Asset, sedangkan variabel Total Belanja Daerah mempunyai pengaruh yang tidak siqnifikan. Adapun variabel temuan audit menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Koefisien beta yang positif pada variable Total Asset dan Belanja Daerah yang berarti semakin besar nilai Total Asset dan Belanja Daerah maka semakin tinggi  tingkat kesejahteraan. Sedangkan beta negatif terjadi pada pada variabel Temuan Audit yang menunjukkan bahwa semakin besar Temuan Audit maka akan menurunkan kinerja pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  Penelitian ini sejalan dengan beberapa penelitian yang menggunakan variabel tersebut untuk menguji kinerja pemerintah daerah dengan tolok ukur yang berbeda..

Kata kunci : karakteristik keuangan daerah, temuan audit, kinerja pemerintah, kesejahteraan masyarakat

×
Penulis Utama : Erny Prasetyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431302008
Tahun : 2015
Judul : PENGARUH KARAKTERISTIK KEUANGAN DAERAH DAN TEMUAN AUDIT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH PADA PEMERINTAH DAERAH SE-INDONESIA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Akuntansi S431302008-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Payamta, M.Si., CPA, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.