Penulis Utama : Sidiq Setyawan
NIM / NIP : 2015
×

Sidiq Setyawan. NIM S231208012. 2014. POLA PROSES PENYEBARAN DAN PENERIMAAN INFORMASI TEKNOLOGI KAMERA DSLR (Studi Kasus Tentang Pola Proses Penyebaran dan Penerimaan Informasi Teknologi Kamera Dari Kamera Analog Menjadi DSLR Pada Fotografer Profesional di Kota Solo dan Yogyakarta). Tesis. Pembimbing I : Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D. Pembimbing II : Drs. Ahmad Adib, M.Hum, Ph.D. Program Studi Ilmu Komunikasi. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

     Kamera DSLR sebagai sebuah produk inovasi memiliki cara tersendiri untuk dapat diterima dan diadopsi oleh sebuah sistem sosial khususnya fotografer profesional dan jurnalis di Kota Solo dan Yogyakarta. Difusi inovasi menjelaskan secara sistematis bagaimana sebuah produk inovasi DSLR disebarluaskan dan diterima oleh golongan inovasi di dalamnya. Sebagai sebuah bentuk komunikasi khusus, dalam teori difusi inovasi terdapat dua pokok utama kajian komunikasi, yakni bagaimana seorang komunikator maupun komunikan dalam golongan inovasi bertindak untuk menyebarkan pesan dan menerima pesan. Kedua pokok bahasan ini yang menjadi kunci bagaimana sebuah produk inovasi mampu efektif disebarkan dan diterima (diadopsi) oleh golongan inovasi di dalamnya.

     Jenis penelitian ini adalah penelitian deskiptif kualitatif. Peneliti menggunakan metode studi kasus. Studi kasus cocok digunakan bila penelitian berkenaan dengan how dan why. Peneliti menjabarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dalam bentuk narasi. Sampel dari populasi yang diambil melalui proses teknik cuplikan dengan maximum variation sampling atau pengambilan sampel variasi maksimum. Selain menggunakan teknik sampel variasi maksimum, peneliti menggunakan teknik cuplikan snowball sampling. Peneliti mengambil sampel fotografer profesional dan jurnalis di Kota Solo dan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui in-depth interview (wawancara mendalam) dan observasi lingkungan terhadap sampel penelitian. Untuk validasi data, peneliti menggunakan triangulasi sumber

     Hasil penelitian ini menunjukan bahwa golongan inovasi dalam difusi inovasi, yakni innovator, early adopter, early majority, dan late majority memiliki memiliki karakteristik dan pola komunikasi tersendiri ketika mereka menjadi komunikator yakni menyebarkan pesan (message dissemination) dan ketika mereka menjadi komunikan (message reception). Hal ini misalnya bisa dilihat dari pemilihan media dalam berkomunikasi dan menggunakan berbagai media untuk referensi mengumpulkan informasi terkait dengan inovasi

     Terdapat karakteristik dan pola komunikasi yang berbeda pada masing-masing kategori inovasi di dalam sistem sosial fotografer profesional dan jurnalis di Kota Solo dan Yogyakarta dalam proses penyebaran dan penerimaan informasi terkait teknologi DSLR.

 

Kata kunci: difusi inovasi, innovator, early adopter, early majority, late majority, pola komunikasi.

 

×
Penulis Utama : Sidiq Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : 2015
Tahun : 2015
Judul : POLA PROSES PENYEBARAN DAN PENERIMAAN INFORMASI TEKNOLOGI KAMERA DSLR (Studi Kasus Tentang Pola Proses Penyebaran dan Penerimaan Informasi Teknologi Kamera Dari Kamera Analog Menjadi DSLR Pada Fotografer Profesional di Kota Solo dan Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Ilmu Komunikasi S231208012-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D.
2. Drs. Ahmad Adib, M.Hum, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.