Penulis Utama : Insyirah Anwari
NIM / NIP : D0111045
×

Evaluasi terhadap suatu program sangat bermanfaat untuk pengambil keputusan serta pihak yang terkait langsung dalam pelaksanaan program. Hasil evaluasi program dapat digunakan sebagai umpan balik dan dasar pertimbangan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap Program Raskin Pemerintah Pusat dan Program Raskinda Kota Surakarta Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). . 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Semanggi Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan skema model analisis interaktif yang terdiri dari tahap reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. 

Dari hasil evaluasi yang dilakukan dengan analisis CIPP terlihat bahwa dari sisi context pada Program Raskin dan Program Raskinda sudah dijabarkan dengan jelas mengenai kebutuhan yang belum terpenuhi dan tujuan program. Dari sisi input pada pelaksanaan Program Raskin masih terdapat permasalahan pada kualitas beras dan SDM sedangkan pada Program Raskinda memiliki kualitas beras dan SDM yang lebih baik.Pada sisi process Program Raskin belum berjalan sesuai dengan Pedoman Umum, sedangkan Program Raskinda sudah sesuai dengan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pada sisi product terlihat bahwa kedua program ini sudah mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin. Tetapi pada Program Raskin, pemerintah belum mengambil keputusan apakah akan tetap menjalankan program tersebut. Sedangkan pada Program Raskinda, Pemerintah Kota Surakarta menetapkan bahwa program ini akan tetap dilaksanakan pada periode berikutnya. 

×
Penulis Utama : Insyirah Anwari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0111045
Tahun : 2015
Judul : Evaluasi Program Pengentasan Kemiskinan di Kelurahan Semanggi (Studi Komparatif Program Raskin Pemerintah Pusat dan Program Raskinda Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Jur. Ilmu Administrasi - D0111045 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Didik G. Suharto, S.Sos, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.