Penulis Utama : Lazuardi Gagah Mulyarko
NIM / NIP : I0108209
×

Dalam proyek konstruksi, risiko selalu ada dalam setiap proses pekerjaan proyek khususnya dalam kontrak kerja konstruksi. Hal ini disebabkan oleh ketidakpastian atau ketidakjelasan informasi yang terdapat dalam kontrak kerja konstruksi. Dan akan berpengaruh terhadap biaya pekerjaan konstruksi. Sehingga dilakukan penelitian mengenai pengaruh risiko pada kontrak kerja konstruksi terhadap biaya pekerjaan pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi II A.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Rangkaian analisis dimulai dengan melakukan identifikasi variabel risiko melalui studi literatur. Kemudian dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode survei dan wawancara terhadap responden yang terkait dengan proyek. Hasil identifikasi ini dianalisis menggunakan metode Severity Index (SI) dan Matriks Probability and Impact. Didapat hasil variabel risiko yang signifikan pada proyek. Dari hasil tersebut dilakukan analisis respon risiko oleh responden untuk penanganan risiko yang signifikan.

Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa variabel risiko yang signifikan terdapat dalam kode risiko A.3 (kontraktor mendapatkan informasi yang jelas mengenai kondisi lapangan pada saat kunjungan lapangan) dengan asumsi risiko yang mempengaruhi biaya pekerjaan sebesar 0,40 % dari nilai kontrak. Dan respon yang dilakukan adalah secara avoid dan mitigate.  Kata kunci : Kontrak Kerja Konstruksi, Analisis risiko, Respon risiko.

×
Penulis Utama : Lazuardi Gagah Mulyarko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0108209
Tahun : 2015
Judul : Analisis Pengaruh Risiko pada Kontrak Kerja Konstruksi Terhadap Biaya Pekerjaan Konstruksi (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi Ii A)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Teknik Jur. Teknik Sipil - I 0108209 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://0
Status : Public
Pembimbing : 1. Widi Hartono, ST, MT
2. Ir. Sugiyarto, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.